Cara Memasak Ayam Rica-Rica Sederhana yang Enak dan Praktis

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari resep masakan yang mudah dan praktis untuk dijadikan menu sehari-hari? Jangan khawatir, kali ini kami akan membagikan resep cara memasak ayam rica-rica yang sederhana namun tetap enak dan lezat. Ayam rica-rica merupakan masakan khas Manado yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak ayam rica-rica, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan
Jumlah
Ayam potong
500 gram
Bawang merah cincang
5 butir
Bawang putih cincang
3 siung
Cabe merah besar cincang
5 buah
Cabe rawit cincang
10 buah
Tomat cincang
2 buah
Daun jeruk purut
5 lembar
Serai memarkan
2 batang
Jahe parut
1 ruas jari
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Memasak Ayam Rica-Rica Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat ayam rica-rica yang sederhana:

1. Tumis Bumbu Halus

Pertama-tama, tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang halus sampai harum dan kecokelatan. Setelah itu, tambahkan cabe merah besar dan cabe rawit yang sudah dicincang halus, daun jeruk purut, serai yang sudah dimemarkan, dan jahe parut. Aduk-aduk hingga bumbu harum dan matang.

2. Tambahkan Ayam

Setelah bumbu harum, masukkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk hingga rata dengan bumbu. Tambahkan sedikit garam dan gula pasir secukupnya sesuai selera. Jika ayam sudah berubah warna, tambahkan air secukupnya dan masak hingga ayam empuk dan bumbu meresap.

3. Tambahkan Tomat

Selanjutnya, masukkan tomat yang sudah dicincang ke dalam wajan dan aduk hingga rata. Masak kembali hingga tomat lunak dan bumbu meresap ke dalam ayam.

TRENDING 🔥  Cara membuat Cah Kangkung Sederhana

4. Sajikan Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica sederhana yang enak dan lezat siap disajikan! Hidangkan bersama nasi putih hangat dan irisan timun atau mentimun sebagai pelengkapnya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah ayam rica-rica termasuk masakan pedas?

Ya, ayam rica-rica merupakan masakan yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Namun, tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

2. Apakah ayam rica-rica hanya bisa dibuat dengan ayam saja?

Tidak, sebenarnya ayam rica-rica dapat dibuat dengan bahan-bahan lain seperti ikan atau seafood. Namun, ayam merupakan bahan yang paling umum digunakan dalam membuat ayam rica-rica.

3. Apa yang harus dilakukan jika ayam rica-rica terlalu pedas?

Jika ayam rica-rica yang kamu buat terlalu pedas, tambahkan garam atau gula pasir secukupnya untuk menetralkan rasa pedasnya. Kamu juga bisa menambahkan santan untuk melembutkan rasa pedasnya.

Kesimpulan

Dengan resep cara memasak ayam rica-rica sederhana yang enak dan praktis ini, kamu bisa memasak masakan khas Manado tanpa harus keluar dari rumah. Selain enak dan lezat, ayam rica-rica juga sangat mudah dan praktis untuk dibuat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Memasak Ayam Rica-Rica Sederhana yang Enak dan Praktis