Cara Memasak Ayam Goreng Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara memasak ayam goreng sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Ayam goreng merupakan makanan yang populer di Indonesia dan bisa disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk. Namun, tidak semua orang bisa membuat ayam goreng yang enak. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap cara memasak ayam goreng sederhana agar enak dan gurih.

1. Pilih Ayam yang Berkualitas

Langkah pertama dalam memasak ayam goreng adalah memilih ayam yang berkualitas. Pilihlah ayam yang segar dan bebas dari bau tidak sedap. Usahakan memilih bagian ayam yang sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk membersihkan ayam sebelum digoreng.

Setelah ayam dipilih, bersihkan terlebih dahulu dengan cara mencuci ayam menggunakan air mengalir. Kemudian kupas kulit ayam secara perlahan. Jangan lupa untuk memotong bagian kepala, kaki, dan ekor ayam. Setelah itu, potong ayam menjadi beberapa bagian yang lebih kecil untuk memudahkan dalam penggorengan.

2. Marinasi Ayam sebelum Digoreng

Setelah ayam dipotong menjadi beberapa bagian, langkah selanjutnya adalah memberikan bumbu atau marinasi pada ayam. Marinasi adalah proses merendam bahan makanan dalam campuran bumbu yang berbeda selama beberapa jam agar bahan makanan tersebut lebih meresap bumbu yang ada. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan bumbu dapur yang sudah umum digunakan oleh orang Indonesia, seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam, dan merica. Usahakan untuk merendam ayam dalam bumbu marinasi selama minimal 30 menit hingga beberapa jam agar bumbu lebih meresap.

3. Menggoreng Ayam Goreng

Setelah merendam ayam dalam bumbu marinasi, saatnya menggoreng ayam goreng. Goreng ayam dalam minyak yang sudah panas dengan suhu sekitar 180°C-190°C. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Gunakan api kecil hingga sedang agar ayam tidak gosong. Setelah matang, angkat ayam dan tiriskan minyaknya agar tidak terlalu berminyak.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Pori Hitam di Wajah dengan Sederhana

4. Sajikan Ayam Goreng Sederhana

Setelah ayam digoreng dan ditiriskan minyaknya, ayam goreng sederhana siap disajikan. Kamu bisa menyajikannya dalam keadaan hangat atau dingin. Ayam goreng sederhana ini cocok disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk. Untuk penyajian, kamu bisa menambahkan nasi putih hangat, sayuran bersamaan dengan ayam goreng sederhana tadi.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak ayam goreng sederhana?

Waktu yang dibutuhkan dalam memasak ayam goreng sederhana ini tergantung dari banyaknya jumlah ayam yang akan digoreng. Untuk ayam seberat 1 kg dapat memakan waktu sekitar 30-45 menit.

2. Apakah perlu merendam ayam dalam bumbu marinasi?

Merendam ayam dalam bumbu marinasi sangat penting agar bumbu lebih meresap dan memberikan rasa yang lebih sedap pada ayam goreng.

3. Apakah ayam goreng yang berminyak masih bisa dimakan?

Ayam goreng yang berminyak tidak sehat untuk dikonsumsi, namun masih bisa dimakan. Setelah digoreng, tiriskan minyaknya dan letakkan pada tissue agar minyak berkurang. Kamu juga bisa menggunakan alat pemeras minyak seperti saringan kertas agar minyak pada ayam goreng berkurang.

5. Tips Memasak Ayam Goreng Sederhana yang Sehat dan Lezat

Agar ayam goreng sederhana yang kamu buat enak dan lezat, kamu bisa mengikuti tips berikut ini:

1. Gunakan Wajan yang Lebar

Gunakan wajan yang lebar agar ayam goreng tidak menumpuk dan matang dengan baik.

2. Gunakan Minyak yang Tepat

Gunakan minyak yang tepat, seperti minyak goreng yang sehat dan tidak mengandung kolesterol tinggi.

3. Jangan Terlalu Sering Diaduk

Ayam goreng jangan terlalu sering diaduk agar tidak rusak dan tidak gosong.

4. Cari Bahan Baku yang Berkualitas

Gunakan bahan baku yang berkualitas agar rasa ayam goreng lebih enak dan lezat.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Risol Sederhana

5. Beri Bumbu yang Sesuai

Beri bumbu yang sesuai dan jangan terlalu banyak agar rasa ayam goreng tidak terlalu kuat dan lebih sedap.

6. Tabel Informasi Nutrisi Ayam Goreng Sederhana

Nutrisi
Jumlah
Kalori
365 Kkal
Karbohidrat
4,4 gram
Lemak
20 gram
Protein
40 gram

Nutrisi yang terkandung dalam ayam goreng sederhana cukup banyak, namun kamu harus memperhatikan jumlah konsumsi agar tetap sehat dan tidak berlebihan.

7. Kesimpulan

Demikianlah cara memasak ayam goreng sederhana yang dapat kamu praktikkan di rumah. Ingat, memasak ayam goreng sederhana yang enak dan gurih tidak sulit asal kamu memperhatikan beberapa hal penting, seperti memilih ayam yang berkualitas, memberikan bumbu yang sesuai, dan menggoreng ayam dengan tepat. Penyajian ayam goreng sederhana dapat melalui aneka resep nasi goreng yang bisa kamu coba untuk menambah cita rasa masakanmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Memasak Ayam Goreng Sederhana