Cara Melipat Kertas Sederhana Kincir Angin

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah mencoba membuat kincir angin dari kertas? Melipat kertas untuk membuat kincir angin ini banyak dilakukan oleh anak-anak, tetapi tidak ada salahnya juga bagi orang dewasa untuk mencoba. Selain mudah, membuat kincir angin dari kertas juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan dan menghibur. Nah, kali ini kita akan belajar cara melipat kertas sederhana kincir angin. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Persiapan Membuat Kincir Angin dari Kertas

Sebelum memulai membuat kincir angin dari kertas, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu:

  1. Siapkan kertas berukuran 20×20 cm. Jika tidak memiliki kertas segiempat, kamu bisa menggunakan kertas A4 dan memotongnya.
  2. Siapkan alat bantu seperti gunting, pensil, dan penggaris.
  3. Siapkan alat tulis untuk membuat paper craft. Alat tulis yang perlu kamu siapkan meliputi kertas, pensil, penghapus, dan tempat pensil.

Setelah semua persiapan sudah dilakukan, maka kamu sudah siap untuk melipat kertas sederhana kincir angin. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah-Langkah Melipat Kertas Sederhana Kincir Angin

  1. Ambil kertas segiempat berukuran 20×20 cm dan lipat menjadi dua secara diagonal. Kemudian, buka kembali lipatannya dan kamu akan mendapatkan garis tengah pada kertas.
  2. Lipat semua sudut kertas menuju garis tengah. Kemudian, bentangkan kembali lipatan tersebut.
  3. Lipat kertas secara diagonal lagi, tetapi kali ini ke arah berlawanan dengan lipatan sebelumnya. Kemudian, buka kembali lipatannya dan kamu akan mendapatkan garis silang pada kertas.
  4. Lipat semua sudut kertas menuju garis tengah dan bentangkan kembali lipatan tersebut.
  5. Gunting garis-garis dari keempat sudut kertas hingga garis tengah. Jangan potong garis tengahnya ya, Sobat Sederhana.
  6. Lipat keempat sudut kertas yang telah digunting menuju garis tengah. Kemudian, celupkan tengah kertas ke air agar kertas menjadi lebih mudah dibentuk dan tidak mudah rusak saat dilipat.
  7. Setelah kertas sedikit basah, lipat kertas pada setiap garis penggabungan seperti gambar di bawah ini:
TRENDING 🔥  Cara Membuat Donat Mini Sederhana
  1. Lipat sisi yang tertinggal di tengah kertas sehingga kertas terlihat seperti di bawah ini:
  1. Balik kertas dan lipat sisi yang belum dilipat seperti pada gambar di bawah ini:
  1. Balik kertas lagi dan lipat sisi yang belum dilipat seperti pada gambar di bawah ini:
  1. Bagian sisi yang belum dilipat pada langkah sebelumnya diatur sedemikian rupa hingga terlihat seperti pada gambar di bawah ini:
  1. Celupkan tengah kertas ke air dan buka setiap bagian kecil pada kincir angin seperti pada gambar di bawah ini:
  1. Gunting ujung kertas pada setiap sudut dan beri lubang kecil pada ujung kincir angin. Jangan lupa untuk memutar kertas gunting agar bagian yang diberi lubang menjadi lebih rapi.
  2. Sekarang, kincir angin dari kertas sudah jadi. Aturlah kincir anginmu di tempat yang terbuka dan terkena angin agar kincir angin dapat berputar dengan lancar.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara melipat kertas sederhana kincir angin:

  1. Apakah kertas segiempat berukuran 20×20 cm adalah ukuran standar untuk membuat kincir angin?
  2. Tidak ada ukuran standar untuk membuat kincir angin dari kertas. Kamu bisa menggunakan kertas segiempat dengan ukuran yang berbeda-beda sesuai dengan keinginanmu.

  3. Bisakah kincir angin dari kertas diberi warna?
  4. Tentu saja bisa. Kamu bisa memberikan warna pada kertas sebelum melipatnya menjadi kincir angin. Kamu juga bisa memberikan hiasan tambahan seperti stiker atau gambar di atas kincir anginmu.

  5. Bagaimana cara membuat kincir angin yang lebih besar dari kertas?
  6. Kamu bisa menggunakan kertas yang lebih besar atau memperbesar ukuran pola kincir angin yang akan dibuat pada lembar kertas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Aci Sederhana

Itulah tadi cara melipat kertas sederhana kincir angin dan beberapa pertanyaan terkait yang sering ditanyakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya, Sobat Sederhana!

Cara Melipat Kertas Sederhana Kincir Angin