Cara Masak Telur Balado Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Hari ini kita akan belajar cara masak telur balado yang sederhana dan enak. Telur balado merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang sangat populer. Biasanya, hidangan ini disajikan bersama nasi putih hangat dan sambal terasi. Resep yang akan kita bahas kali ini sangat mudah untuk diikuti, sehingga cocok untuk Sobat Sederhana yang baru belajar masak atau yang ingin mencoba masak sendiri di rumah. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum kita memasak, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain:

Bahan
Jumlah
Telur ayam
4 butir
Bawang merah
5 siung
Cabe merah besar
4 buah
Cabe rawit
10 buah
Tomat
1 buah
Gula merah
2-3 cm
Garam
secukupnya
Air
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah memasak

Berikut adalah langkah-langkah cara memasak telur balado sederhana:

1. Menyiapkan bahan-bahan

Pertama-tama, kita harus menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kemudian, kita bisa memotong-motong bahan tersebut agar lebih mudah untuk dimasak.

2. Membuat bumbu balado

Untuk membuat bumbu balado, kita bisa menumbuk bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit, dan gula merah menggunakan ulekan atau blender. Kemudian, tambahkan sedikit air agar bumbu menjadi lebih halus dan mudah untuk diolah.

3. Membuat telur dadar

Selanjutnya, kita bisa membuat telur dadar terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, yaitu dengan memecahkan telur ayam dan mengocoknya hingga rata. Tambahkan garam secukupnya dan aduk kembali. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, lalu tuangkan adonan telur ke dalam wajan. Goreng hingga matang dan angkat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Template Website Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Memasak bumbu balado

Panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu balado yang sudah dibuat sebelumnya. Tambahkan potongan tomat dan aduk rata.

5. Menambahkan telur dadar

Setelah bumbu balado matang, tambahkan telur dadar yang sudah dibuat tadi ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga telur tercampur dengan bumbu. Masak selama beberapa menit hingga bumbu meresap dan telur terlihat lebih berwarna dan beraroma.

6. Menghidangkan telur balado

Sajikan telur balado yang sudah matang bersama nasi putih hangat dan sambal terasi. Nikmati hidangan ini bersama keluarga atau teman-teman Sobat Sederhana.

Tips dan FAQ

Berikut adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan terkait cara masak telur balado sederhana:

1. Bisa ditambahkan bahan lain?

Tentu saja. Resep yang kita bahas kali ini hanya sebagai panduan. Sobat Sederhana dapat menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, misalnya bawang putih, daun bawang, atau daging cincang.

2. Apa yang harus dilakukan jika bumbu terlalu pedas?

Jika bumbu terlalu pedas, Sobat Sederhana dapat menambahkan sedikit gula atau air agar rasa menjadi lebih seimbang. Namun, jika Sobat Sederhana suka pedas, bisa menambahkan lebih banyak cabe rawit atau memilih cabe merah besar yang lebih pedas.

3. Bisa disimpan berapa lama?

Telur balado yang sudah matang dapat disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya dimakan dalam waktu 24 jam agar rasanya tetap enak dan segar.

4. Apa yang harus dilakukan jika bumbu terlalu cair?

Jika bumbu terlalu cair, Sobat Sederhana dapat memasaknya dalam waktu yang lebih lama atau menambahkan sedikit tepung maizena agar bumbu menjadi lebih kental.

5. Bisa dibuat tanpa telur dadar?

Bisa. Sobat Sederhana dapat membuat telur balado tanpa telur dadar. Caranya, masukkan telur ayam yang sudah dikocok langsung ke dalam bumbu balado yang sudah matang. Aduk-aduk hingga telur matang dan bumbu meresap ke dalam telur.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menscrape Data

Kesimpulan

Itulah Sobat Sederhana, cara masak telur balado sederhana yang enak dan mudah untuk diikuti. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah, kita bisa menikmati hidangan khas Indonesia ini di rumah bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa untuk menambahkan bahan lain atau menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Masak Telur Balado Sederhana