Cara Masak Sop Ceker Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan sop ceker? Sop ceker memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok dihidangkan pada saat cuaca sedang dingin. Namun, tidak semua orang tahu cara memasak sop ceker yang sederhana. Pada artikel ini, kita akan membahas cara masak sop ceker sederhana dengan 20 langkah yang mudah diikuti. Yuk, simak!

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memasak sop ceker, pastikan bahwa bahan-bahan yang dibutuhkan telah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ceker ayam
500 gram
Bawang putih
5 siung
Bawang merah
3 siung
Daun bawang
1 batang
Jahe
1 ruas jari
Wortel
1 buah
Garam
secukupnya
Mericap bubuk
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan untuk mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Selanjutnya, potong bawang putih dan bawang merah menjadi ukuran kecil-kecil. Cincang halus daun bawang dan jahe, serta iris wortel menjadi bentuk korek api.

2. Rebus Ceker Ayam

Langkah pertama dalam memasak sop ceker sederhana adalah merebus ceker ayam. Masukkan ceker ayam ke dalam panci yang telah diisi dengan air. Kemudian, didihkan air hingga ceker ayam matang dan empuk. Sebelum diangkat, pastikan bahwa kulit ceker telah terkelupas.

3. Buang Air Rebusan

Jangan lupa untuk membuang air rebusan ceker ayam dan bilas kembali ceker ayam dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bau amis pada ceker ayam.

4. Tumis Bumbu Halus

Tumis bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan dengan minyak goreng hingga harum. Selanjutnya, tambahkan jahe dan tumis kembali hingga harum. Masukkan wortel dan tambahkan air secukupnya. Masak hingga wortel empuk.

TRENDING 🔥  Cara Mensederhanakan Link Google Form

5. Masukkan Ceker Ayam ke dalam Tumisan Bumbu

Setelah wortel empuk, masukkan ceker ayam ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya. Masak hingga bumbu meresap ke dalam ceker ayam.

6. Tambahkan Garam dan Merica

Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya untuk memberikan rasa pada sop ceker. Aduk rata dan masak lagi hingga ceker ayam matang dan bumbunya meresap.

7. Sajikan Sop Ceker Ayam

Sop ceker ayam siap untuk disajikan. Letakkan sop ceker ke dalam mangkuk saji dan taburi dengan daun bawang yang telah dicincang halus.

FAQ

1. Bisa Gak Pakai Jahe?

Bisa, namun jahe memberikan aroma khas pada sop ceker. Jika tidak suka, bisa dihilangkan.

2. Berapa Lama Merebus Ceker Ayam?

Waktu merebus ceker ayam tergantung pada ukuran dan kekerasan ceker. Biasanya sekitar 20-30 menit setelah air mendidih.

3. Bisa Gak Pakai Wortel?

Bisa, wortel hanyalah bahan pelengkap. Jika tidak ada atau tidak suka, bisa dihilangkan.

4. Boleh Gak Pakai Bawang Merah?

Bisa, bawang merah dapat diganti dengan bawang bombay atau bawang putih. Namun, rasa sop ceker akan berbeda sedikit dari yang biasanya.

5. Apa Saja Bahan yang Bisa Ditambahkan ke dalam Sop Ceker?

Bahan-bahan seperti kentang, jamur, dan jagung dapat ditambahkan ke dalam sop ceker untuk memberikan variasi rasa dan tekstur.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Masak Sop Ceker Sederhana