Cara Masak Mie Aceh Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara masak mie Aceh sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah. Mie Aceh adalah salah satu jenis mie yang berasal dari Provinsi Aceh. Mie ini terkenal dengan cita rasa pedasnya yang khas dan tentu saja sangat lezat. Tidak perlu khawatir meski kamu belum pernah mencoba masak mie Aceh sebelumnya, di artikel ini akan kita bahas secara detail tentang cara memasaknya. Selamat membaca!

1. Persiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memasak mie Aceh, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Mie Aceh
200 gram
Daging sapi
150 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabai merah
3 buah
Cabai hijau
3 buah
Jahe
2 ruas jari
Kunyit
1 ruas jari
Kemiri
5 butir
Ketumbar
1 sendok makan
Garam
secukupnya
Kaldu ayam
secukupnya
Air
1 liter
Minyak goreng
secukupnya

Pastikan bahan-bahan sudah dicuci bersih dan dipotong sesuai dengan kebutuhan.

2. Masak Bumbu Halus

Langkah selanjutnya adalah memasak bumbu halus. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, jahe, kunyit, kemiri, dan ketumbar menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum.

3. Tambahkan Daging Sapi

Tambahkan daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk rata hingga daging berubah warna menjadi kecoklatan. Tambahkan garam dan kaldu ayam secukupnya untuk menambah cita rasa.

4. Tambahkan Air

Setelah daging sapi matang, tambahkan air secukupnya ke dalam panci. Masak hingga mendidih.

5. Tambahkan Mie Aceh

Tambahkan mie Aceh yang sudah direbus ke dalam panci berisi kuah. Aduk rata dan masak hingga mie empuk. Jangan lupa untuk mencicipi kuah dan tambahkan garam atau kaldu ayam jika kurang pas.

TRENDING 🔥  Gambar Cara Membuat Mesin Cetak Batako Sederhana

6. Sajikan dengan Pelengkap

Mie Aceh biasanya disajikan dengan pelengkap seperti irisan cabai rawit, irisan bawang merah goreng, dan seledri. Kamu bisa menambahkan pelengkap sesuai dengan selera.

7. FAQ

1. Apa itu mie Aceh?

Mie Aceh adalah salah satu jenis mie yang berasal dari Provinsi Aceh. Mie ini terkenal dengan cita rasa pedasnya yang khas dan tentu saja sangat lezat.

2. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak mie Aceh?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak mie Aceh antara lain mie Aceh, daging sapi, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, jahe, kunyit, kemiri, garam, kaldu ayam, air, dan minyak goreng.

3. Bagaimana cara memasak mie Aceh yang benar?

Untuk memasak mie Aceh, pertama-tama persiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Selanjutnya masak bumbu halus, tambahkan daging sapi, tambahkan air, tambahkan mie Aceh, dan sajikan dengan pelengkap.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Masak Mie Aceh Sederhana