Cara Masak Mangut Lele Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan belajar cara membuat mangut lele yang sederhana namun lezat. Mangut lele merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terkenal dengan rasa pedas dan gurih. Yuk, kita mulai!

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum memasak mangut lele, ada beberapa bahan yang harus kita siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat mangut lele sederhana ini adalah:

Bahan
Jumlah
Lele
500 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
10 buah
Jahe
1 ruas jari
Santan kental
200 ml
Garam
secukupnya
Gula merah
50 gram

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai proses memasak mangut lele.

2. Cuci dan Potong Lele

Langkah pertama dalam memasak mangut lele adalah membersihkan dan memotong ikan lele. Kita bisa membeli lele yang sudah bersih atau membersihkannya sendiri dengan cara mencuci lele dengan air mengalir. Setelah itu, potong-potong lele sesuai selera dan sisihkan.

3. Haluskan Bumbu

Bumbu merupakan bagian penting dalam membuat mangut lele. Kita bisa menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan jahe dengan menggunakan blender atau ulekan. Setelah dihaluskan, sisihkan bumbu tersebut.

4. Tumis Bumbu Halus

Tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng sampai harum. Tambahkan sedikit air agar tidak gosong. Setelah bumbu harum, tambahkan santan kental dan aduk rata.

5. Masukkan Lele

Setelah bumbu sudah tercampur rata dengan santan, masukkan potongan lele ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga lele tercampur rata dengan bumbu.

6. Masak Hingga Matang

Tutup wajan dan biarkan lele matang selama kurang lebih 30 menit dengan api kecil. Setelah matang, aduk-aduk lagi agar bumbu tercampur rata dengan lele. Tambahkan garam dan gula merah sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Kepal Milo Sederhana Tanpa Blender untuk Sobat Sederhana

7. Sajikan Mangut Lele

Sekarang mangut lele sederhana sudah siap untuk disajikan. Sajikan mangut lele dalam wadah dan tambahkan daun kemangi untuk memberikan aroma yang lebih segar. Mangut lele sederhana ini cocok disantap bersama nasi putih yang hangat.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Ikan Selain Lele?

Tentu saja! Selain ikan lele, kita juga bisa menggunakan ikan lain seperti ikan nila atau ikan mas untuk membuat mangut.

2. Bisakah Menggunakan Santan Cair?

Bisa, namun kita harus menambahkan sedikit tepung maizena agar santan tidak bergumpal saat dimasak.

3. Apa Bedanya Mangut dengan Gulai?

Mangut lebih pekat dan pedas dibandingkan gulai. Selain itu, mangut juga menggunakan bumbu yang berbeda seperti terasi dan kemiri.

4. Bisakah Mangut Lele Disimpan?

Bisa, namun mangut lele sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas dan dimakan dalam waktu 1-2 hari.

5. Bagaimana Cara Membuat Mangut Lele yang Lebih Pedas?

Kita bisa menambahkan cabe rawit sesuai selera atau menggunakan cabe merah yang lebih banyak.

Penutup

Semoga artikel tentang cara masak mangut lele sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat makanan khas Jawa Timur yang lezat. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Masak Mangut Lele Sederhana