Cara Masak Ceker Ayam Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara masak ceker ayam yang simpel dan mudah untuk diikuti. Ceker ayam merupakan salah satu bagian ayam yang banyak disukai karena memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih. Berikut adalah cara mudah untuk memasak ceker ayam sederhana.

Bahan yang dibutuhkan:

Sebelum kita memulai untuk memasak ceker ayam, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan yang harus kita siapkan:

Bahan
Jumlah
Ceker Ayam
500 gram
Bawang Putih
5 siung
Bawang Merah
3 siung
Lengkuas
1 ruas jari
Daun Jeruk
2 lembar
Daun Salam
2 lembar
Jahe
1 ruas jari
Meric
secukupnya
Garam
secukupnya
Kecap Manis
3 sendok makan
Air
secukupnya

Langkah-langkah:

1. Bersihkan ceker ayam

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan ceker ayam dari kotoran atau sisa-sisa bulu yang masih menempel. Kita bisa mencucinya dengan air mengalir dan sapu bersih dengan kuas.

2. Rebus ceker ayam

Setelah bersih, rebus ceker ayam dengan air yang cukup sampai setengah matang. Setelah itu, buang air rebusan dan bilas ceker ayam dengan air dingin.

3. Tumis bumbu

Tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun jeruk, daun salam, jahe, dan merica sampai harum dan matang. Kemudian, masukkan ceker ayam dan aduk rata.

4. Tambahkan kecap manis

Tambahkan kecap manis dan aduk rata. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan biarkan ceker ayam matang dan bumbu meresap.

5. Masak sampai kering

Masak ceker ayam sampai airnya habis dan bumbu meresap ke dalam ceker ayam. Kemudian, masak lagi sampai ceker ayam berubah warna menjadi kecoklatan dan terlihat kering.

TRENDING 🔥  Perangkat Jaringan yang Paling Sederhana, Cara Kerjanya

FAQ:

1. Bisa gak diganti dengan potongan ayam lain?

Bisa, Sobat Sederhana. Namun, tekstur dan rasanya mungkin berbeda dengan menggunakan ceker ayam.

2. Apakah ceker ayam harus direbus terlebih dahulu?

Iya, Sobat Sederhana. Ceker ayam perlu direbus terlebih dahulu agar lebih mudah dimasak dan menghilangkan kotoran yang masih menempel.

3. Berapa lama memasak ceker ayam?

Waktu memasak ceker ayam tergantung pada jumlah dan teksturnya. Jika menggunakan 500 gram ceker ayam seperti resep di atas, waktu memasaknya sekitar 45 menit sampai airnya habis dan ceker ayam terlihat kering.

Kesimpulan:

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara memasak ceker ayam yang simpel dan mudah untuk diikuti. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kita bisa membuat hidangan yang lezat dan gurih. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Masak Ceker Ayam Sederhana