Cara Masak Arsik Ikan Mas Sederhana

Hai Sobat Sederhana,

Apakah Sobat Sederhana suka ikan mas? Kalau iya, sudah pernah mencoba masak arsik ikan mas? Resep masakan khas Batak ini terkenal lezat dan gurih, sangat cocok untuk menu makan siang atau makan malam. Nah, kali ini saya akan berbagi cara masak arsik ikan mas sederhana, dengan bumbu-bumbu yang mudah ditemukan di pasar tradisional. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memasak, pastikan Sobat Sederhana menyiapkan semua bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Ikan Mas
1 ekor, ukuran sedang
Santan Kelapa
200 ml
Daun Jeruk
2 lembar
Asam Jawa
1 buah, ukuran kecil
Bawang Merah
5 siung
Bawang Putih
3 siung
Cabe Merah
5 buah
Cabe Rawit
5 buah
Jahe
2 ruas jari
Lemongrass
2 batang
Kunyit
1 ruas jari
Garam
secukupnya
Kaldu Ayam
1 sendok makan
Air
secukupnya

Cara Masak

1. Bersihkan Ikan Mas

Pertama-tama, bersihkan ikan mas dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian buang isi perut dan sisik ikan dengan menggunakan pisau atau sendok. Potong ikan menjadi beberapa bagian sesuai dengan selera.

2. Haluskan Bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, jahe, kunyit, dan serai dengan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air agar bumbu lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis Bumbu

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan menggunakan minyak goreng hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan asam jawa. Aduk-aduk hingga bumbu meresap.

4. Masukkan Ikan Mas

Setelah bumbu harum, masukkan ikan mas ke dalam tumisan bumbu. Aduk-aduk hingga ikan tercampur dengan bumbu. Tambahkan garam dan kaldu ayam secukupnya. Aduk kembali hingga merata.

5. Tambahkan Santan Kelapa

Selanjutnya, tambahkan santan kelapa ke dalam panci lalu aduk rata. Tunggu hingga santan mendidih dan bumbu tercampur merata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pelangi Sederhana

6. Masak Hingga Matang

Terakhir, masak arsik ikan mas selama sekitar 20-30 menit hingga ikan matang dan kuah bumbu meresap. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan tambahkan garam jika kurang. Arsik ikan mas siap disajikan.

FAQ

Apa Saja Jenis Ikan yang Bisa Digunakan untuk Masak Arsik?

Bahan utama dari masakan arsik adalah ikan. Untuk membuat arsik ikan, Sobat Sederhana bisa menggunakan jenis ikan apa saja, seperti ikan mas, ikan patin, ikan gurame, atau ikan nila. Namun, dari semua jenis ikan tersebut, ikan mas menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan orang.

Kenapa Penting untuk Menambahkan Santan?

Santan kelapa menjadi bahan penting dalam masakan arsik untuk memberikan cita rasa gurih dan creamy sehingga menambah nikmat saat disantap. Selain itu, santan juga berguna untuk memudahkan bumbu meresap ke dalam daging ikan serta membantu mengurangi rasa amis yang sering terdapat dalam daging ikan.

Bolehkah Menggunakan Bumbu-Bumbu Instan?

Tentu saja boleh, asalkan Sobat Sederhana ingin mencoba cara instan. Akan tetapi, penggunaan bumbu instan akan mempengaruhi rasa dan kualitas dari arsik ikan mas yang dihasilkan. Jadi, sebaiknya gunakan bumbu-bumbu alami untuk mendapat hasil terbaik.

Tips

1. Gunakan Ikan yang Segar

Pastikan Sobat Sederhana memilih ikan yang segar dan tidak bau agar tidak mengganggu aroma dan rasa dari masakan arsik ikan mas. Semakin segar ikan yang digunakan, semakin nikmat juga masakan yang akan dihasilkan.

2. Tambahkan Bahan yang Sesuai dengan Selera

Masakan arsik ikan mas tidak harus selalu menggunakan bahan yang sama. Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan lain yang sesuai dengan selera, seperti tomat, kentang atau terong untuk menimbulkan variasi rasa dan menambahkan nutrisi yang baik untuk tubuh.

TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Donat Kentang Sederhana

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Santan

Jangan terlalu banyak mengggunakan santan karena akan membuat masakan arsik ikan mas terlalu berat dan menyebabkan menyebabkan sakit perut. Tambahkan santan secukupnya agar cita rasa gurih dan creamy tetap terasa optimal.

4. Gunakan Panci yang Dangkal

Untuk memasak arsik ikan mas, sebaiknya gunakan panci yang dangkal agar santan yang digunakan tidak pecah atau mendidih keluar dari panci dan merusak masakan arsik ikan mas.

5. Tambahkan Air Secukupnya

Agar kuah bumbu tidak terlalu kental ataupun terlalu encer, pastikan Sobat Sederhana menambahkan air secukupnya saat memasak arsik ikan mas. Jangan sampai terlalu sedikit atau terlalu banyak karena hal ini bisa mempengaruhi rasa dari masakan yang dihasilkan.

Penutup

Nah, itulah cara masak arsik ikan mas sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba praktekkan di rumah. Selamat mencoba resep ini dan nikmati sajian masakan khas Batak yang lezat ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Masak Arsik Ikan Mas Sederhana