Cara Kerja Solar Cell Sederhana

Halo sobat sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara kerja solar cell sederhana. Seperti yang kita ketahui, energi surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Pemanfaatan energi surya dapat dilakukan melalui penggunaan solar cell atau sel surya. Solar cell sendiri merupakan alat yang dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara detail mengenai cara kerja solar cell sederhana.

Pengertian Solar Cell

Solar cell atau sel surya merupakan alat yang dapat mengubah energi surya menjadi energi listrik. Solar cell terdiri dari bahan semikonduktor seperti silikon, germanium, atau gallium arsenide yang memiliki kemampuan untuk menyerap energi dari sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Solar cell banyak digunakan dalam panel surya yang ditempatkan di atap rumah, gedung, atau bahkan di tempat terbuka untuk memproduksi energi listrik.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat solar cell sederhana, sobat sederhana memerlukan beberapa bahan berikut:

No
Bahan
Jumlah
1
Plat tembaga
2 buah
2
Plat seng
2 buah
3
Sel silikon
1 buah
4
Kawat tembaga
2 helai
5
Lem tembak
secukupnya

Setelah sobat sederhana menyiapkan bahan-bahan tersebut, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membuat solar cell sederhana.

Cara Membuat Solar Cell Sederhana

1. Menyiapkan Plat Tembaga

Langkah pertama yang harus sobat sederhana lakukan adalah mempersiapkan dua buah plat tembaga. Potong kedua plat tersebut dengan ukuran 5 x 5 cm.

2. Memasang Sel Silikon

Selanjutnya, tempelkan sel silikon di atas salah satu plat tembaga yang telah dipotong. Pastikan sel tersebut menempel dengan kuat dan merata.

3. Memasang Plat Seng

Kemudian, letakkan satu buah plat seng di atas sel silikon yang telah dipasang pada plat tembaga. Pastikan plat tersebut menutupi sel silikon secara merata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sanggul Sederhana Pramugari

4. Menghubungkan Plat Tembaga dan Plat Seng

Sambungkan plat tembaga yang telah dipasang dengan sel silikon dan plat seng menggunakan kawat tembaga. Pastikan kawat terpasang dengan kuat dan tidak longgar.

5. Menutup Solar Cell

Terakhir, tutuplah solar cell yang telah sobat sederhana buat dengan plat tembaga yang telah dipotong dengan ukuran yang sama. Tempelkan plat tersebut dengan menggunakan lem tembak.

Dengan cara tersebut, sobat sederhana sudah berhasil membuat solar cell sederhana yang dapat menghasilkan listrik dari energi surya. Selanjutnya, mari kita bahas cara kerja solar cell sederhana tersebut.

Cara Kerja Solar Cell Sederhana

1. Penyerapan Cahaya Matahari

Pada saat sinar matahari mengenai solar cell, energi yang terdapat pada sinar matahari diserap oleh bahan semikonduktor yang terdapat pada solar cell. Proses penyerapan ini akan menghasilkan elektron bebas pada bahan semikonduktor.

2. Pembentukan Aliran Listrik

Elektron-elektron bebas tersebut akan bergerak dari bahan semikonduktor ke plat tembaga, sedangkan lubang-lubang yang terbentuk akan bergerak dari bahan semikonduktor ke plat seng. Gerakan elektron dan lubang tersebut akan membentuk arus listrik.

3. Pemakaian Arus Listrik

Arus listrik yang dihasilkan oleh solar cell dapat digunakan untuk memasok listrik pada berbagai perangkat elektronik seperti lampu, kipas angin, atau bahkan pada rumah atau gedung yang membutuhkan daya listrik.

FAQ

1. Apa Beda Solar Cell Sederhana dan Solar Panel?

Solar cell sederhana merupakan solar cell yang dibuat dengan cara manual dan penggunaan bahan yang sederhana. Sedangkan solar panel merupakan panel surya yang terdiri dari beberapa buah solar cell yang disusun secara teratur untuk menghasilkan daya listrik yang lebih besar.

2. Apakah Solar Cell Sederhana Dapat Digunakan Sebagai Sumber Listrik Utama?

Solar cell sederhana hanya dapat menghasilkan daya listrik yang kecil. Oleh karena itu, solar cell sederhana tidak dapat digunakan sebagai sumber listrik utama. Namun, solar cell sederhana dapat digunakan sebagai sumber listrik cadangan atau sebagai bahan edukasi untuk mempelajari cara kerja dari solar cell.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Angklung Sederhana dan Mudah

3. Apakah Solar Cell Sederhana Bisa Digunakan di Rumah?

Solar cell sederhana dapat digunakan di rumah sebagai sumber listrik cadangan atau sebagai bahan edukasi untuk mempelajari cara kerja dari solar cell. Namun, jika sobat sederhana ingin menggunakan solar cell sebagai sumber listrik utama di rumah, disarankan untuk menggunakan solar panel yang terdiri dari beberapa buah solar cell dan diinstal oleh ahli listrik yang berpengalaman.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara kerja solar cell sederhana. Dengan memahami cara kerja dari solar cell sederhana, sobat sederhana dapat lebih memahami pentingnya pemanfaatan energi surya untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Kerja Solar Cell Sederhana