Cara Kerja Rangkaian Sederhana 7 Segment

Hello Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara kerja rangkaian sederhana 7 segment. Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu tentang 7 segment itu sendiri.

Pengertian 7 Segment

7 segment adalah sebuah jenis display yang terdiri dari 7 segmen segitiga yang tersusun dalam bentuk angka 8. Display ini menggunakan LED sebagai sumber cahayanya. 7 segment biasanya digunakan untuk menampilkan angka pada berbagai macam aplikasi seperti jam digital, penghitung waktu, mesin ATM, dan sebagainya.

Salah satu contoh penggunaan 7 segment adalah pada mesin ATM, ketika kita memasukkan pin, akan muncul angka-angka pada display 7 segment. Bagaimana cara kerja dari rangkaian sederhana 7 segment ini? Mari kita simak bersama-sama!

Komponen-Komponen Rangkaian Sederhana 7 Segment

Sebelum kita membahas tentang cara kerja rangkaian sederhana 7 segment, mari kita bahas terlebih dahulu komponen-komponen yang dibutuhkan dalam rangkaian sederhana 7 segment. Berikut adalah beberapa komponen tersebut:

Nama Komponen
Fungsi
IC 4511
Decoder BCD-7 segment
Resistor
Menstabilkan arus listrik
LED
Menampilkan angka
Baterai/Adaptor
Sumber listrik untuk rangkaian

Itulah beberapa komponen yang dibutuhkan dalam rangkaian sederhana 7 segment. Selanjutnya, mari kita bahas tentang cara kerja dari rangkaian sederhana 7 segment.

Cara Kerja Rangkaian Sederhana 7 Segment

Cara kerja rangkaian sederhana 7 segment sangat sederhana. Rangkaian sederhana 7 segment menggunakan IC 4511 sebagai decoder BCD-7 segment, yang berfungsi untuk mengubah kode BCD menjadi angka pada display 7 segment.

Decoder BCD-7 segment menerima input kode BCD dari rangkaian sumber dan mengonversinya menjadi keluaran pada display 7 segment. Selain itu, rangkaian sederhana 7 segment juga menggunakan resistor untuk menstabilkan arus listrik dan LED untuk menampilkan angka pada display.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Bahan Sederhana

Untuk menggunakan rangkaian sederhana 7 segment, Anda hanya perlu melakukan koneksi antara sumber input dengan decoder BCD-7 segment dan LED. Setelah itu, sambungkan rangkaian dengan sumber listrik seperti baterai atau adaptor dan mulai penampilan angka pada display 7 segment.

Keuntungan Menggunakan Rangkaian Sederhana 7 Segment

Menggunakan rangkaian sederhana 7 segment memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah:

  1. Mudah digunakan dan dipahami
  2. Biaya yang murah
  3. Menampilkan angka dengan jelas

Dengan keuntungan tersebut, tidak heran jika rangkaian sederhana 7 segment banyak digunakan pada berbagai macam aplikasi.

FAQ

1. Bagaimana cara membuat rangkaian sederhana 7 segment?

Anda bisa membuat rangkaian sederhana 7 segment dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cari komponen-komponen yang dibutuhkan
  2. Lakukan koneksi antara sumber input dengan decoder BCD-7 segment dan LED
  3. Sambungkan rangkaian dengan sumber listrik seperti baterai atau adaptor

2. Apa manfaat menggunakan rangkaian sederhana 7 segment dalam aplikasi?

Menggunakan rangkaian sederhana 7 segment memiliki beberapa manfaat di antaranya adalah mudah digunakan dan dipahami, biaya murah, dan menampilkan angka dengan jelas.

3. Di mana saja rangkaian sederhana 7 segment digunakan?

Rangkaian sederhana 7 segment dapat digunakan pada berbagai macam aplikasi seperti jam digital, penghitung waktu, mesin ATM, dan sebagainya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai cara kerja rangkaian sederhana 7 segment. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mempelajari tentang 7 segment. Jangan ragu untuk mencoba membuat rangkaian sederhana 7 segment sendiri dan menerapkannya pada berbagai macam aplikasi. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Kerja Rangkaian Sederhana 7 Segment