Cara Isolasi Enzim dari Alam Secara Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara isolasi enzim dari alam secara sederhana. Enzim adalah senyawa protein yang berfungsi sebagai biokatalisator dalam proses metabolisme pada makhluk hidup. Enzim dapat ditemukan dalam berbagai sumber alam seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Oleh karena itu, isolasi enzim dari alam menjadi suatu hal yang penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara isolasi enzim dari alam secara sederhana berikut ini.

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum melakukan isolasi enzim dari alam, terdapat beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut beberapa bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Sample bahan alam yang mengandung enzim
Blender
Bufer penghambat/protease inhibitor
Kertas saring (filter paper)
Buffer ekstraksi/pengekstrak
Pipet ukur
Buffer pencucian
Tabung reaksi
Buffer elusi
Kuvet spektrofotometer
Buffer penyimpanan
Termometer

Dengan menyiapkan bahan dan alat tersebut, kita dapat melakukan isolasi enzim dengan efektif dan efisien.

Langkah-Langkah Isolasi Enzim dari Alam Secara Sederhana

1. Persiapan Sample Bahan Alam

Langkah pertama dalam isolasi enzim dari alam adalah persiapan sample bahan alam yang mengandung enzim. Sample bahan alam tersebut dapat berupa tumbuhan, hewan, atau mikroorganisme. Pertama-tama, sample bahan alam dicuci dan dipotong-potong kecil-kecil agar mudah diolah.

2. Blending Sample Bahan Alam

Setelah sample bahan alam siap, kemudian dilakukan blending dengan menggunakan blender agar enzim dapat terlepas dari sel-sel tumbuhan atau hewan. Perlu diingat bahwa blending tidak boleh terlalu lama karena dapat merusak struktur enzim pada sample bahan alam.

3. Penambahan Bufer Penghambat/Protease Inhibitor

Setelah proses blending selesai, kemudian ditambahkan bufer penghambat/protease inhibitor untuk mencegah enzim mengalami kerusakan akibat enzim protease yang terdapat pada sample bahan alam.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Login Sederhana

4. Pemisahan Enzim dari Sample Bahan Alam

Kemudian, campuran sample bahan alam yang sudah di-blend dan ditambah protease inhibitor tadi di-sentrifugasi untuk memisahkan enzim dari sel-sel tumbuhan atau hewan. Dalam proses ini, enzim akan terpisah dari sel-sel tersebut karena memiliki massa molekul yang lebih kecil dari sel.

5. Pemurnian Enzim

Setelah enzim terpisah dari sel, kemudian dilakukan pemurnian enzim dengan menggunakan kertas saring (filter paper) untuk menyingkirkan kotoran dan zat-zat tak berguna lainnya.

6. Pemisahan Enzim dengan Metode Kromatografi

Untuk memisahkan enzim yang dimurnikan dari senyawa-senyawa lain yang terdapat pada campuran tadi, kita bisa menggunakan metode kromatografi. Dalam proses ini, enzim akan terpisah dari senyawa-senyawa lain berdasarkan perbedaan sifat-sifat fisikokimia yang dimiliki oleh setiap senyawa.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan enzim?

Enzim adalah senyawa protein yang berfungsi sebagai biokatalisator dalam proses metabolisme pada makhluk hidup.

2. Apa saja sumber alam enzim?

Enzim dapat ditemukan dalam berbagai sumber alam seperti tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme.

3. Mengapa isolasi enzim dari alam penting?

Isolasi enzim dari alam menjadi suatu hal yang penting untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia industri, isolasi enzim menjadi kunci dalam produksi produk-produk yang berguna bagi manusia seperti obat-obatan dan makanan. Selain itu, isolasi enzim juga memiliki peranan penting dalam penelitian-penelitian bioteknologi dan biokimia.

4. Apa yang dimaksud dengan protease inhibitor?

Protease inhibitor adalah senyawa yang berfungsi untuk mencegah enzim mengalami kerusakan akibat enzim protease yang terdapat pada sample bahan alam.

5. Bagaimana cara memisahkan enzim dari sel-sel tumbuhan atau hewan?

Enzim dapat dipisahkan dari sel-sel tumbuhan atau hewan dengan melakukan proses sentrifugasi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana

Kesimpulan

Dalam melakukan isolasi enzim dari alam secara sederhana, terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan seperti persiapan bahan dan alat, persiapan sample bahan alam, blending sample bahan alam, penambahan bufer penghambat/protease inhibitor, pemisahan enzim dari sample bahan alam, pemurnian enzim, dan pemisahan enzim dengan metode kromatografi. Dengan melakukan isolasi enzim dari alam secara sederhana, kita dapat memperoleh enzim yang berkualitas dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Isolasi Enzim dari Alam Secara Sederhana