Cara Hitung Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Excel

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan Microsoft Excel. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel secara linear. Dengan menggunakan Excel, analisis regresi linier sederhana dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Regresi Linier Sederhana

Sebelum membahas cara menghitung analisis regresi linier sederhana dengan Excel, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan regresi linier sederhana. Regresi linier sederhana adalah suatu analisis untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dengan menggunakan persamaan linier (garis lurus). Variabel yang menjadi penyebab disebut variabel bebas (X) sedangkan variabel yang menjadi akibat disebut variabel terikat (Y).

Regresi linier sederhana sering digunakan dalam bidang ekonomi, pemasaran, ilmu sosial, dan lain sebagainya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Regresi Linier Sederhana

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi regresi linier sederhana, di antaranya adalah:

  • Ukuran sampel
  • Keberadaan data outlier (data yang nilai nya jauh berbeda dengan nilai lain)
  • Keberadaan variabel lain yang mempengaruhi variabel terikat
  • Tingkat kepercayaan yang digunakan

Formula Regresi Linier Sederhana

Formula regresi linier sederhana adalah:

Y = a + bX

Dalam formula tersebut, Y merupakan nilai variabel terikat, X merupakan nilai variabel bebas, a merupakan nilai konstanta dan b merupakan koefisien regresi.

Cara Menghitung Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Excel

Untuk menghitung analisis regresi linier sederhana dengan Excel, Sobat Sederhana dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Siapkan Data Penelitian

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan data penelitian. Pastikan data yang digunakan sudah bersih dan terstruktur dengan baik. Data yang dibutuhkan adalah nilai variabel bebas dan variabel terikat. Contoh data sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Cipuk Sederhana Untuk Sobat Sederhana
Variabel Bebas (X)
Variabel Terikat (Y)
10
20
20
30
30
40
40
50

Langkah 2: Buka Program Microsoft Excel

Setelah data siap, langkah selanjutnya adalah membuka program Microsoft Excel di komputer. Pastikan Sobat Sederhana sudah menginstall program tersebut di komputernya.

Langkah 3: Input Data ke Excel

Langkah selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam Excel. Data yang dimasukkan harus sesuai dengan kolom yang sudah disiapkan. Contohnya, nilai variabel bebas dimasukkan ke kolom A dan nilai variabel terikat dimasukkan ke kolom B.

Langkah 4: Buat Scatter Plot

Setelah data dimasukkan ke Excel, langkah selanjutnya adalah membuat scatter plot. Scatter plot digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih seluruh data yang ingin digunakan untuk membuat scatter plot
  • Klik menu ‘insert’ dan klik ‘scatter’
  • Pilih ‘scatter with only markers’
  • Scatter plot akan muncul di lembar kerja Excel

Langkah 5: Hitung Analisis Regresi Linier Sederhana

Setelah scatter plot selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menghitung analisis regresi linier sederhana. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik gambar scatter plot
  • Klik menu ‘Design’
  • Klik ‘Add Chart Element’ dan pilih ‘Trendline’
  • Pada ‘Trendline Options’, pilih ‘Linear’
  • Ceklis ‘Display Equation on chart’
  • Analisis regresi linier sederhana akan muncul di scatter plot

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu analisis regresi linier sederhana?

Analisis regresi linier sederhana adalah suatu analisis untuk mengetahui hubungan antara dua variabel dengan menggunakan persamaan linier (garis lurus). Variabel yang menjadi penyebab disebut variabel bebas (X) sedangkan variabel yang menjadi akibat disebut variabel terikat (Y).

2. Apa yang dimaksud dengan scatter plot?

Scatter plot adalah sebuah diagram yang digunakan untuk menampilkan hubungan antara dua variabel. Scatter plot menampilkan titik-titik data dengan sumbu X dan sumbu Y.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Angin

3. Apa yang dimaksud dengan koefisien regresi?

Koefisien regresi adalah angka yang menunjukkan seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Koefisien regresi dapat bernilai positif atau negatif.

4. Apa yang dimaksud dengan data outlier?

Data outlier adalah data yang nilai nya jauh berbeda dengan nilai lain pada data set. Data outlier dapat mempengaruhi hasil analisis regresi linier sederhana dan sebaiknya dihilangkan dari data set.

5. Mengapa analisis regresi linier sederhana penting?

Analisis regresi linier sederhana penting untuk mengetahui hubungan antara dua variabel. Dengan mengetahui hubungan antara dua variabel, maka dapat dilakukan prediksi nilai variabel terikat ketika nilai variabel bebas diubah.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara menghitung analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan Excel. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel secara linear. Dengan menggunakan Excel, analisis regresi linier sederhana dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Selain itu, kita juga telah mempelajari pengertian regresi linier sederhana, faktor-faktor yang mempengaruhi regresi linier sederhana, dan formula regresi linier sederhana.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Hitung Analisis Regresi Linier Sederhana dengan Excel