Cara Foto Sederhana dengan Background

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara foto sederhana dengan background. Tentunya, tidak semua orang memiliki keahlian fotografi yang profesional, namun ada beberapa tips dan trik yang dapat memudahkan Sobat Sederhana untuk menghasilkan foto dengan background yang indah dan menawan. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Background dalam Fotografi?

Background adalah latar belakang dari suatu foto. Dalam fotografi, background sangat penting karena dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan foto. Background yang buruk dapat mengganggu fokus pada objek utama, sementara background yang baik dapat mempertegas objek utama dari sebuah foto.

Tips Memilih Background untuk Foto

  1. Pilih background yang sederhana dan tidak ramai. Background yang terlalu ramai dapat mengganggu tampilan foto dan membuat objek utama sulit terlihat.
  2. Pilih background yang sesuai dengan tema foto. Jika tema foto adalah alam, pilih background yang menyajikan pemandangan alam yang indah.
  3. Pilih background yang mempertegas warna dari objek utama. Misalnya, jika objek utama berwarna biru, pilih background dengan warna kontras seperti oranye atau kuning.
  4. Pilih background yang bersih dan tidak kotor. Pastikan background bebas dari sampah dan tidak terlihat kotor dalam tampilan foto.
  5. Pilih background yang sesuai dengan mood dari objek utama. Jika objek utama adalah anak kecil yang ceria, pilih background yang cerah dan menyenangkan.

Cara Foto Sederhana dengan Background

1. Gunakan Smartphone

Untuk Sobat Sederhana yang tidak memiliki kamera profesional, jangan khawatir. Gunakan smartphone untuk mengambil foto dengan background yang indah. Smartphone saat ini sudah memiliki kualitas kamera yang cukup bagus dan dapat menghasilkan foto dengan tampilan yang menawan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Bumbu Ayam Bakar Sederhana

Berikut adalah beberapa tips untuk mengambil foto dengan smartphone:

  1. Cari cahaya yang cukup. Pastikan objek utama dan background terkena cahaya yang cukup agar foto terlihat cerah dan jelas.
  2. Sesuaikan fokus pada objek utama. Jangan biarkan fokus terlalu berat pada background sehingga membuat objek utama sulit terlihat.
  3. Gunakan mode portrait atau bokeh. Mode ini dapat membuat background terlihat blur dan mempertegas objek utama.
  4. Cari sudut yang tepat. Cobalah untuk mengambil foto dari sudut yang berbeda untuk mendapatkan tampilan yang unik dan menarik.

2. Gunakan Kain atau Kertas sebagai Background

Jika Sobat Sederhana ingin mengambil foto dengan background yang tidak biasa, cobalah menggunakan kain atau kertas sebagai background. Pilih kain atau kertas dengan warna dan pola yang sesuai dengan tema foto. Pastikan kain atau kertas terletak di tempat yang rata dan aman agar tidak terlihat goyah pada tampilan foto.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan kain atau kertas sebagai background:

  1. Pilih kain atau kertas yang tidak terlalu halus atau terlalu kasar. Kain atau kertas yang terlalu halus dapat membuat objek utama sulit terlihat, sedangkan kain atau kertas yang terlalu kasar dapat menimbulkan bayangan atau noda pada tampilan foto.
  2. Sesuaikan cahaya. Pastikan background terkena cahaya yang cukup agar terlihat jelas dan menawan.
  3. Perhatikan jarak antara objek utama dan background. Jangan biarkan jarak terlalu dekat atau terlalu jauh sehingga membuat tampilan foto tidak seimbang.

3. Gunakan Filter atau Edit Foto

Jika Sobat Sederhana telah mengambil foto dengan background yang kurang memuaskan, jangan khawatir. Gunakan filter atau edit foto untuk memperbaiki tampilan dari foto tersebut. Filter atau edit foto dapat memperbaiki warna, exposure, kontras, dan tampilan keseluruhan dari foto.

TRENDING 🔥  Cara Mengkilapkan Body Mobil dengan Bahan Sederhana

Berikut adalah beberapa aplikasi edit foto yang dapat Sobat Sederhana gunakan:

Nama Aplikasi
Fungsi
Link Download
Adobe Lightroom
Edit foto secara profesional
VSCO
Edit foto dengan filter berkualitas
Canva
Buat desain dengan mudah dan cepat

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah perlengkapan fotografi yang diperlukan untuk mengambil foto dengan background?

Tidak perlu menggunakan perlengkapan fotografi yang mahal untuk mengambil foto dengan background yang indah. Gunakan smartphone atau kamera sederhana yang mudah digunakan dan dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup bagus.

2. Bagaimana caranya untuk memperbaiki tampilan dari foto dengan background yang kurang memuaskan?

Gunakan filter atau edit foto untuk memperbaiki tampilan dari foto tersebut. Filter atau edit foto dapat memperbaiki warna, exposure, kontras, dan tampilan keseluruhan dari foto. Beberapa aplikasi edit foto yang dapat digunakan adalah Adobe Lightroom, VSCO, dan Canva.

3. Apakah ada tips khusus untuk mengambil foto dengan background yang menawan?

Beberapa tips khusus untuk mengambil foto dengan background yang menawan adalah memilih background yang sederhana dan tidak ramai, mempertegas warna dari objek utama dengan background yang kontras, dan mencari sudut yang tepat untuk mengambil foto.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Foto Sederhana dengan Background