Cara Buka Magnet Motor Supra X 100 Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuka magnet motor supra x 100 dengan mudah dan sederhana. Magnet motor adalah komponen yang sangat penting pada mesin motor, karena berfungsi sebagai generator listrik yang menghasilkan arus listrik pada sistem pengapian.

Pengertian Magnet Motor pada Supra X 100

Magnet motor pada supra x 100 adalah suatu komponen yang terdapat pada mesin motor yang berfungsi untuk menghasilkan arus listrik pada sistem pengapian. Pengapian pada motor supra x 100 terdiri dari dua jenis, yaitu pengapian konvensional dan pengapian elektronik.

Pada pengapian konvensional, arus listrik dihasilkan oleh koil pengapian yang dihubungkan melalui platina dengan magneto. Sedangkan pada pengapian elektronik, arus listrik dihasilkan oleh ECU (Electronic Control Unit) yang mengontrol waktu pengapian dan pengisian koil.

Nah, magnet motorlah yang menjadi penghasil arus listrik pada sistem pengapian tersebut. Jadi, sangat penting bagi Sobat Sederhana untuk mengetahui cara membuka magnet motor supra x 100 dengan mudah dan sederhana.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum Sobat Sederhana memulai langkah-langkah pembukaan magnet motor supra x 100, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Beberapa alat dan bahan tersebut antara lain:

No
Alat dan Bahan
1
Kunci ring 10
2
Kunci L (Torx)
3
Obeng min
4
Pelumas
5
Kain lap

Setelah Sobat Sederhana menyiapkan semua alat dan bahan tersebut, maka langkah berikutnya adalah membuka magnet motor supra x 100.

Langkah-langkah Membuka Magnet Motor Supra X 100

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membuka magnet motor supra x 100:

1. Persiapkan Motor

Persiapkan motor dengan mematikan mesin dan melepas kabel aki. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bunga Sederhana dari Kertas Origami

2. Buka Tutup Samping

Buka tutup samping mesin motor supra x 100 dengan menggunakan kunci ring 10. Setelah itu, lepaskan tutup sampingnya dengan hati-hati agar tidak tergores atau rusak.

3. Lepaskan Magnet Motor

Lepaskan magnet motor dengan menggunakan kunci L (Torx) dan obeng min. Caranya, lepaskan baut pada magnet motor terlebih dahulu dengan kunci L, kemudian lepaskan tutup magnet motor dengan obeng min.

4. Bersihkan Magnet Motor

Bersihkan magnet motor dengan menggunakan pelumas dan kain lap. Hal ini dilakukan agar magnet motor menjadi bersih dan bebas dari kotoran atau debu yang bisa mengganggu kinerja mesin motor supra x 100.

5. Pasang Kembali Magnet Motor

Pasang kembali magnet motor dengan cara yang sama seperti langkah sebelumnya, hanya saja dilakukan secara terbalik. Pastikan baut pada magnet motor sudah terpasang dengan rapat dan kuat.

6. Pasang Kembali Tutup Samping

Pasang kembali tutup samping mesin motor supra x 100 dengan menggunakan kunci ring 10. Pastikan tutup samping sudah terpasang dengan rapat dan kuat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa yang harus dilakukan jika magnet motor supra x 100 rusak?

Jika magnet motor supra x 100 rusak, Sobat Sederhana bisa membawanya ke bengkel motor terdekat untuk diperbaiki. Biasanya, teknisi bengkel motor akan memeriksanya terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada magnet motor.

Apakah membuka magnet motor supra x 100 bisa dilakukan sendiri atau harus dibawa ke bengkel?

Membuka magnet motor supra x 100 bisa dilakukan sendiri, asalkan Sobat Sederhana sudah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan serta mengikuti langkah-langkah pembukaannya dengan benar dan hati-hati.

Apakah perlu membersihkan magnet motor secara berkala?

Ya, sangat disarankan untuk membersihkan magnet motor secara berkala untuk menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Biasanya, magnet motor dapat dibersihkan setiap 6 bulan sekali atau saat pemakaian motor sudah mencapai 10.000 km.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program POS Sederhana dan Mudah

Apakah membuka magnet motor bisa merusak mesin motor supra x 100?

Jika langkah-langkah pembukaan magnet motor dilakukan dengan benar dan hati-hati, maka tidak akan merusak mesin motor supra x 100. Namun, jika dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan, bisa saja menyebabkan kerusakan pada mesin motor.

Bagaimana cara memasang kembali magnet motor supra x 100?

Caranya sama dengan langkah-langkah membuka magnet motor supra x 100, hanya saja dilakukan secara terbalik. Pastikan baut pada magnet motor sudah terpasang dengan rapat dan kuat.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi cara membuka magnet motor supra x 100 dengan mudah dan sederhana. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kinerja mesin motor supra x 100 agar tetap optimal dengan rutin melakukan perawatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buka Magnet Motor Supra X 100 Sederhana