Cara Buat Wireless Charger Sederhana

Hello Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat wireless charger sederhana. Kita semua pasti pernah mengalami kehabisan baterai di saat yang penting. Dengan mempunyai wireless charger, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang baterai yang habis. Langsung saja, kita mulai pembahasannya.

1. Pengertian Wireless Charger

Wireless charger merupakan sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk mengisi daya baterai perangkat elektronik seperti handphone, tablet, atau laptop tanpa menggunakan kabel. Dengan teknologi wireless charger, Anda dapat mengisi daya baterai perangkat elektronik Anda dengan lebih mudah dan fleksibel.

1.1. Komponen Wireless Charger

Wireless charger terdiri dari beberapa komponen seperti:

Komponen
Fungsi
Coil
Berfungsi sebagai penghantar energi listrik ke perangkat yang akan diisi daya.
Driver IC
Berfungsi untuk mengontrol arus dan tegangan yang masuk ke perangkat yang akan diisi daya.
Capacitor
Berfungsi sebagai penyimpan energi sehingga perangkat yang akan diisi daya dapat mengambil energi tersebut secara stabil.
PCB
Berfungsi sebagai penghubung antara komponen-komponen yang ada di dalam wireless charger.

1.2. Jenis Wireless Charger

Terdapat beberapa jenis wireless charger yang bisa digunakan, di antaranya:

  • Wireless charger dengan standar Qi.
  • Wireless charger dengan teknologi NFC.
  • Wireless charger dengan teknologi Powermat.

2. Bahan dan Alat yang Diperlukan

Untuk membuat wireless charger sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan dan alat, di antaranya:

  • Coil
  • Diode IN4007
  • Capasitor 0,1 uF
  • Baterai 9 Volt
  • Baterai AA sebanyak 2 buah
  • Baterai holder untuk 2 baterai AA
  • Kabel USB
  • Prototyping board atau PCB board
  • Lem tembak atau lem epoxy
  • Solder dan soldering iron

3. Langkah-langkah Membuat Wireless Charger Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat wireless charger sederhana:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Instalasi Biogas Sederhana

3.1. Persiapan

Persiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Sediakan juga tempat yang cukup nyaman untuk melakukan pembuatan wireless charger.

3.2. Pemasangan Coil

Pasang coil pada PCB board dengan cara menyolder kaki-kaki coil pada PCB board. Pastikan coil terpasang dengan kuat dan rapih.

3.3. Pemasangan Diode dan Capasitor

Pasang diode IN4007 dan capasitor 0,1 uF pada PCB board. Solder kaki-kaki diode dan capasitor pada PCB board dengan benar.

3.4. Pemasangan Baterai 9 Volt

Pasang baterai 9 Volt pada holder baterai. Hubungkan kabel positif (+) dan negatif (-) pada holder baterai ke PCB board. Pastikan hubungan antara holder baterai dan PCB board terpasang dengan baik.

3.5. Pemasangan Baterai AA

Pasang baterai AA pada holder baterai dan hubungkan kabel positif (+) dan negatif (-) pada holder baterai ke PCB board. Pastikan hubungan antara holder baterai dan PCB board terpasang dengan baik.

3.6. Pemasangan Kabel USB

Pasang kabel USB pada PCB board. Hubungkan kabel positif (+) dan negatif (-) pada kabel USB ke PCB board. Pastikan hubungan antara kabel USB dan PCB board terpasang dengan baik.

3.7. Pengecekan

Saat semua komponen terpasang dengan baik, lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa tidak ada koneksi yang bermasalah. Coba hidupkan wireless charger dan nyalakan perangkat elektronik yang akan diisi daya untuk memastikan bahwa wireless charger berfungsi dengan baik.

4. FAQ

4.1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Wireless Charger?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat wireless charger tergantung pada kemampuan Sobat Sederhana dalam menyolder dan memasang komponen. Umumnya, membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk membuat wireless charger sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampion Sederhana

4.2. Apakah Wireless Charger Sederhana dapat Digunakan untuk Mengisi Daya Semua Jenis Perangkat Elektronik?

Tidak semua perangkat elektronik dapat diisi daya dengan menggunakan wireless charger sederhana. Perangkat elektronik yang dapat diisi daya menggunakan wireless charger sederhana adalah perangkat yang mendukung teknologi wireless charging seperti handphone dan tablet.

4.3. Apakah Hanya Baterai 9 Volt yang Bisa Digunakan pada Wireless Charger Sederhana?

Tidak, Sobat Sederhana dapat menggunakan baterai jenis lainnya seperti baterai AA atau baterai AAA pada wireless charger sederhana. Namun, Sobat Sederhana perlu memastikan kapasitas baterai yang digunakan dapat menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi daya perangkat elektronik.

5. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa membuat wireless charger sederhana tidaklah sulit jika Sobat Sederhana mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Dengan memiliki wireless charger, Sobat Sederhana tidak perlu lagi khawatir tentang kehabisan baterai di saat yang penting.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Semoga informasi mengenai cara membuat wireless charger sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam melakukan pembuatan wireless charger sederhana ini. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Wireless Charger Sederhana