Cara Buat Wingko Babat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Bagaimana dengan semangat memasakmu? Apakah kamu sedang mencari resep yang mudah dan sederhana untuk membuat makanan ringan yang enak dan lezat? Jika iya, maka kamu sudah berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat wingko babat sederhana yang pastinya bisa membuat lidahmu bergoyang.

Apa itu Wingko Babat?

Sebelum kita masuk ke bagaimana cara membuat wingko babat, sebaiknya kita bahas dulu apa itu wingko babat. Wingko babat adalah makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari kelapa parut dan ketan yang dicampur dengan gula kelapa, garam dan air. Kemudian campuran tersebut dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang. Rasanya gurih dan manis, sangat cocok disajikan sebagai makanan ringan atau camilan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat wingko babat sederhana, kamu memerlukan beberapa bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ketan
500 gram
Kelapa parut kasar
300 gram
Gula kelapa
150 gram
Air matang
250 ml
Garam
sejumput
Daun pisang
secukupnya

Cara Membuat Wingko Babat Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat wingko babat yang sederhana dan mudah untuk diikuti:

Langkah 1: Mencuci Ketan

Langkah pertama dalam membuat wingko babat adalah membersihkan ketan dari kotoran dan benda asing yang mungkin ada di dalamnya. Cuci ketan dengan air bersih sampai airnya jernih. Kemudian, tiriskan ketan selama kurang lebih 30 menit.

Langkah 2: Membuat Adonan Kelapa

Selanjutnya, buat adonan kelapa dengan mencampurkan kelapa parut, gula kelapa, garam dan air matang. Aduk rata sampai semua bahan tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Memperbaiki Laptop Tidak Terdeteksi Monitor

Langkah 3: Mencampurkan Ketan dan Adonan Kelapa

Masukkan ketan yang telah ditiriskan ke dalam adonan kelapa. Aduk rata sampai ketan tercampur dengan baik dengan adonan kelapa.

Langkah 4: Membungkus Adonan dalam Daun Pisang

Ambil secukupnya adonan dan letakkan di atas selembar daun pisang yang telah dipotong-potong. Kemudian, bungkus adonan dengan daun pisang dan rapatkan bagian sisi daun pisang agar tidak terbuka saat dipanggang.

Langkah 5: Memanggang Wingko Babat

Panaskan wajan atau teflon dengan api kecil. Setelah panas, letakkan wingko babat yang telah dibungkus dengan daun pisang di atasnya. Tutup wajan dan biarkan wingko babat matang selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang, angkat wingko babat dan sajikan.

FAQ

1. Apakah Wingko Babat Bisa Disimpan?

Ya, wingko babat dapat disimpan selama kurang lebih 3-4 hari di dalam lemari es.

2. Apakah Wingko Babat Bisa Dibekukan?

Ya, kamu bisa membekukan wingko babat selama kurang lebih satu bulan. Namun, pastikan wingko babat yang akan dibekukan sudah dalam kondisi dingin dan bersih.

3. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Terasa Terlalu Kering?

Jika adonan terasa terlalu kering, kamu bisa menambahkan sedikit air sampai adonan tercampur dengan baik.

4. Bagaimana Jika Tidak Menemukan Daun Pisang?

Jika tidak menemukan daun pisang, kamu bisa menggunakan kertas roti atau aluminium foil sebagai pengganti daun pisang.

5. Dapatkah Gula Kelapa Diganti dengan Gula Pasir?

Bisa, tetapi rasanya tidak akan sama dengan menggunakan gula kelapa.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat wingko babat sederhana yang enak dan lezat. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah untuk mengisi waktu luangmu bersama keluarga atau teman-teman. Jangan lupa untuk menyesuaikan bahan-bahan dan cara memasak sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat KFC Sederhana

Cara Buat Wingko Babat Sederhana