Cara Buat Website Sederhana Gratis

Cara Buat Website Sederhana Gratis – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu ingin membuat website sederhana secara gratis? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap cara membuat website sederhana secara gratis. Yuk simak!

Pengenalan

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara membuat website sederhana, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu website sederhana. Website sederhana adalah jenis website yang memiliki konten yang tidak terlalu rumit dan mudah dipahami oleh pengunjung. Biasanya website sederhana digunakan untuk keperluan pribadi atau keperluan bisnis kecil.

Dalam pembuatan website sederhana, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti platform yang digunakan, domain, hosting, dan desain website. Semua hal tersebut bisa kamu dapatkan secara gratis dengan menggunakan platform yang tepat.

Berikut ini adalah panduan lengkap cara membuat website sederhana secara gratis.

Pilih Platform

Platform adalah tempat kamu membuat website. Ada banyak platform yang tersedia seperti WordPress, Wix, Joomla, dan lain sebagainya. Namun, untuk membuat website sederhana secara gratis, kami merekomendasikan untuk menggunakan platform WordPress.com.

WordPress.com menyediakan layanan pembuatan website secara gratis dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Kamu bisa memilih tema, menambahkan konten, dan masih banyak lagi. Selain itu, WordPress.com juga menyediakan fitur e-commerce untuk kamu yang ingin menjual produk secara online.

Setelah kamu memilih platform, sekarang saatnya membuat akun dan memilih tema untuk website kamu.

Membuat Akun dan Memilih Tema

Pertama-tama kamu harus membuat akun terlebih dahulu di WordPress.com. Setelah kamu berhasil membuat akun, kamu bisa langsung memilih tema untuk website kamu.

Tema adalah tampilan dari website kamu. Kamu bisa memilih tema yang sudah disediakan oleh WordPress.com atau kamu bisa memilih tema premium dengan harga yang terjangkau.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Website Sederhana dengan WordPress

Setelah memilih tema, kamu bisa mulai mengatur tata letak dan menambahkan konten pada website kamu.

Menambahkan Konten

Selanjutnya, kamu bisa mulai menambahkan konten pada website kamu. Konten yang kamu tambahkan harus sesuai dengan tujuan dari website kamu. Misalnya, jika kamu membuat website untuk bisnis kecil, kamu bisa menambahkan informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Jangan lupa untuk menambahkan gambar atau video untuk mempercantik tampilan website kamu. Selain itu, pastikan konten yang kamu tambahkan mudah dipahami dan tidak terlalu rumit.

Domain dan Hosting

Setelah kamu menambahkan konten pada website kamu, sekarang saatnya untuk memilih domain dan hosting. Domain adalah alamat website kamu, sedangkan hosting adalah tempat menyimpan semua file website kamu.

Kamu bisa mengakses fitur domain dan hosting di WordPress.com dengan membayar biaya premium. Namun, jika kamu ingin menggunakan domain gratis, kamu bisa menggunakan subdomain dari WordPress.com. Misalnya, namawebsite.wordpress.com.

Desain Website

Terakhir, kamu bisa mengatur desain website kamu agar terlihat lebih menarik. Kamu bisa mengedit tema yang sudah kamu pilih atau menggunakan plugin untuk memperkaya tampilan website kamu.

Ada banyak plugin yang bisa kamu gunakan seperti plugin untuk membuat slider, plugin untuk menambahkan tombol sosial media, dan masih banyak lagi.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah semua platform menyediakan layanan pembuatan website gratis?
Tidak semua platform menyediakan layanan pembuatan website gratis. Namun, banyak platform yang menyediakan layanan gratis dengan fitur-fitur yang cukup lengkap seperti WordPress.com.
Apakah saya bisa menggunakan domain gratis?
Ya, kamu bisa menggunakan subdomain gratis dari WordPress.com jika tidak ingin membayar biaya premium untuk domain.
Bisakah saya mengedit tema yang sudah saya pilih?
Ya, kamu bisa mengedit tema yang sudah kamu pilih agar terlihat lebih menarik. Kamu juga bisa menggunakan plugin untuk memperkaya tampilan website kamu.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Nugget Tahu Sederhana

Sekian artikel cara buat website sederhana gratis dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Website Sederhana Gratis