Cara Buat Website E Commerce Sederhana Langsung Terhubung ke WhatsApp

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat website e commerce sederhana yang langsung terhubung ke WhatsApp. Dalam era digital seperti sekarang ini, semakin banyak bisnis yang beralih ke online untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan. Dengan membuat website e commerce sederhana dan terhubung langsung ke WhatsApp, kamu dapat meningkatkan penjualan dan memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Yuk, kita mulai pembahasannya!

Apa itu Website E Commerce?

Website e commerce adalah website yang dibuat untuk melakukan transaksi jual beli online. Website ini memudahkan pelanggan untuk melihat barang yang dijual, melakukan pembayaran, dan mendapatkan informasi mengenai pengiriman barang. Dalam website e commerce, transaksi dapat dilakukan langsung melalui website atau melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.

Sebelum membuat website e commerce, kamu harus memastikan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dijual secara online. Kamu juga harus memperhatikan banyaknya persaingan di dunia online dan mencari cara untuk membedakan produk atau jasa yang kamu tawarkan dengan pesaing.

Langkah-langkah Membuat Website E Commerce Sederhana

1. Menentukan Platform Website

Platform website yang umum digunakan untuk membuat e commerce adalah WordPress, Shopify, dan Woocommerce. Kamu dapat memilih platform yang sesuai dengan budget dan kebutuhan bisnis kamu.

2. Memilih Tema Website

Tema website adalah tampilan visual website yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Pilih tema yang user friendly dan mudah digunakan oleh pelanggan.

3. Menambahkan Plugin

Plugin adalah fitur tambahan yang dapat kamu tambahkan pada websitemu. Salah satu plugin yang penting untuk website e commerce adalah plugin shopping cart dan plugin WhatsApp chat.

TRENDING 🔥  Resep dan Cara Membuat Pizza Teflon Sederhana

4. Menambahkan Produk atau Jasa

Setelah menentukan platform, tema, dan plugin, kamu harus menambahkan produk atau jasa yang ingin kamu jual. Pastikan kamu memberikan deskripsi yang jelas dan menarik agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produkmu.

5. Setting Pembayaran

Setelah menambahkan produk atau jasa, kamu harus mengatur sistem pembayaran yang akan digunakan oleh pelanggan. Kamu dapat menggunakan transfer bank, virtual account, atau payment gateway seperti PayPal.

Langsung Terhubung ke WhatsApp

Untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi, kamu dapat membuat website e commercemu terhubung langsung ke WhatsApp. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu menambahkan plugin WhatsApp chat pada websitemu.

Dengan menambahkan plugin WhatsApp chat, pelanggan dapat berkomunikasi langsung denganmu melalui WhatsApp dan melakukan transaksi dengan lebih mudah. Pelanggan tidak perlu repot-repot mencari nomor WhatsApp kamu karena sudah terintegrasi dengan website.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan
Jawaban
Apakah perlu memiliki kemampuan teknis untuk membuat website e commerce?
Tidak, kamu dapat memilih platform website yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap.
Apakah perlu memiliki kemampuan desain grafis untuk membuat website e commerce?
Tidak, kamu dapat memilih tema website yang sudah disediakan oleh platform yang kamu gunakan.
Plugin apa saja yang dibutuhkan untuk membuat website e commerce?
Plugin shopping cart, plugin WhatsApp chat, dan plugin payment gateway.
Bagaimana cara mengatur pembayaran pada website e commerce?
Kamu dapat menggunakan transfer bank, virtual account, atau payment gateway seperti PayPal.
Plugin WhatsApp chat apa yang direkomendasikan untuk digunakan?
Beberapa plugin WhatsApp chat yang dapat digunakan adalah WA Widget, WhatsApp Chat Button, dan WP Chat.

Penutup

Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, bisnis online semakin berkembang pesat. Dengan membuat website e commerce sederhana dan terhubung langsung ke WhatsApp, kamu dapat memudahkan pelanggan dalam bertransaksi dan meningkatkan penjualan. Kamu tidak perlu khawatir, membuat website e commerce tidak sesulit yang kamu bayangkan. Ikuti langkah-langkah di atas dan kamu akan memiliki website e commerce yang user friendly dan efektif untuk bisnismu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Cilok Sederhana

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Website E Commerce Sederhana Langsung Terhubung ke WhatsApp