Cara Buat Wajan Bolic Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Buat Wajan Bolic Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat wajan bolic sederhana. Wajan bolic adalah salah satu alat dapur yang sangat populer dan sering digunakan dalam memasak di Indonesia. Wajan bolic sederhana bisa dibuat dengan mudah, dan bisa menjadi alternatif bagi kalian yang belum memiliki wajan tersebut di rumah. Yuk, simak artikel berikut ini!

Apa itu Wajan Bolic?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat wajan bolic sederhana, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu wajan bolic. Wajan bolic adalah jenis wajan yang terbuat dari bahan besi atau logam lainnya, dan memiliki bentuk yang cekung ke dalam. Wajan bolic biasanya digunakan untuk memasak makanan yang membutuhkan api besar, seperti tumis dan goreng-gorengan.

Wajan bolic memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis wajan lainnya. Salah satunya adalah panas yang dihasilkan oleh wajan bolic lebih merata, sehingga memasak menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, wajan bolic juga bisa digunakan untuk memasak dengan menggunakan kayu bakar atau arang.

Selain kelebihannya, wajan bolic juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis wajan lainnya. Oleh karena itu, bagi kalian yang belum memiliki wajan bolic, bisa mencoba membuatnya sendiri dengan cara yang sederhana.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat wajan bolic, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

No
Bahan
Jumlah
1
Besi cor atau bahannya
1 buah
2
Pasir Berpasir halus
10 kg
3
Asbes
1 buah
4
Batu bata
10 buah
TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Aquarium Sederhana untuk Sobat Sederhana

Setelah semua bahan telah disiapkan, kita bisa mulai membuat wajan bolic sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Membuat Wajan Bolic Sederhana

  1. Pertama, cari bahan-bahan yang diperlukan, seperti besi cor, pasir halus, asbes, dan batu bata.
  2. Kedua, siapkan tempat yang luas dan datar untuk membuat wajan bolic. Pastikan tempat tersebut aman dan jauh dari anak-anak.
  3. Ketiga, buatlah kresek dengan ukuran yang cukup besar. Kemudian, taruh besi cor di tengah kresek tersebut.
  4. Keempat, lapisi besi cor dengan beberapa lapisan asbes. Pastikan seluruh bagian besi cor tertutup asbes.
  5. Kelima, campurkan pasir halus dan air, hingga membentuk adonan yang cukup kental.
  6. Keenam, lapisi seluruh permukaan asbes dengan adonan pasir halus tersebut. Pastikan seluruh bagian asbes tertutup pasir halus.
  7. Ketujuh, tunggu hingga adonan pasir halus tersebut mengering dan mengeras. Biasanya membutuhkan waktu 1-2 hari.
  8. Kedelapan, setelah adonan pasir halus mengeras, bakarlah wajan bolic di atas api yang cukup besar. Pastikan api merata di seluruh bagian wajan bolic.
  9. Kesembilan, tunggu hingga wajan bolic menjadi merah kehitaman. Kemudian, matikan api dan biarkan wajan bolic mengeras secara perlahan. Jangan langsung mematikan api dan mengeluarkan wajan bolic dari api, karena bisa menyebabkan wajan bolic pecah atau retak.
  10. Kesepuluh, setelah wajan bolic benar-benar dingin, bersihkan sisa-sisa asbes dan pasir halus yang menempel di permukaan wajan bolic dengan menggunakan sikat atau kain yang bersih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah wajan bolic sederhana ini aman digunakan?

Ya, wajan bolic sederhana yang dibuat dengan cara yang benar dan sesuai prosedur, aman digunakan. Namun, pastikan wajan bolic yang dibuat tidak mengandung bahan-bahan kimia atau zat berbahaya lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Listrik Tenaga Matahari Sederhana

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat wajan bolic sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat wajan bolic sederhana cukup lama, sekitar 3-4 hari. Karena proses pembuatan wajan bolic membutuhkan waktu untuk mengering dan mengeras.

3. Apakah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajan bolic sederhana mudah didapat?

Sebagian besar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat wajan bolic sederhana bisa didapat dengan mudah di toko-toko bangunan atau pasar.

4. Bisakah wajan bolic sederhana digunakan untuk memasak semua jenis makanan?

Ya, wajan bolic sederhana bisa digunakan untuk memasak semua jenis makanan. Namun, sebaiknya wajan bolic hanya digunakan untuk memasak makanan yang membutuhkan api besar, seperti tumis dan goreng-gorengan.

5. Apa saja kelebihan wajan bolic dibandingkan dengan jenis wajan lainnya?

Kelebihan wajan bolic antara lain panas yang dihasilkan oleh wajan bolic lebih merata, sehingga memasak menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, wajan bolic juga bisa digunakan untuk memasak dengan menggunakan kayu bakar atau arang.

Kesimpulan

Sekian artikel tentang cara membuat wajan bolic sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin memiliki wajan bolic tapi terkendala dengan harga. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Buat Wajan Bolic Sederhana – Sobat Sederhana