Cara Buat Vacum Cleaner Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering merasa susah untuk membersihkan rumah karena sulitnya mencari alat pembersih yang bagus? Jangan khawatir! Kali ini kami akan membahas tentang cara membuat vacum cleaner sederhana yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Dengan vacum cleaner ini, membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Yuk, simak pembahasannya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat vacum cleaner sederhana, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu, yaitu:

1
Botol plastik bekas dengan volume besar
2
Sebuah kipas angin kecil
3
Tabung pipa PVC dengan diameter 3 inci dan panjang 20-30 cm
4
Selotip
5
Gunting
6
Karet gelang
7
Stiker

Bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko bangunan atau toko online. Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat vacum cleaner sederhana ini.

Cara Membuat Vacum Cleaner Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat vacum cleaner sederhana:

Langkah 1: Potong Botol Plastik

Potong botol plastik bekas pada bagian atas dan bawahnya. Bagian atas akan digunakan sebagai tempat masuknya udara dan bagian bawah sebagai tempat keluarnya udara dan debu.

Langkah 2: Pasang Kipas Angin

Pasang kipas angin kecil pada bagian atas botol plastik yang sudah dipotong. Kipas ini akan berfungsi untuk menghisap udara yang mengandung debu.

Langkah 3: Pasang Tabung Pipa PVC

Pasang tabung pipa PVC pada bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong. Tabung ini akan berfungsi sebagai saluran keluarnya udara dan debu yang sudah disaring.

Langkah 4: Sambungkan Kipas dan Tabung dengan Selotip

Sambungkan kipas dan tabung dengan selotip sehingga udara yang dihisap oleh kipas bisa keluar melalui tabung pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Pizza Sederhana Pakai Teflon

Langkah 5: Pasang Karet Gelang pada Bagian Bawah Tabung

Pasang karet gelang pada bagian bawah tabung pipa PVC. Karet gelang ini akan berfungsi sebagai penyaring debu. Selain itu, karet gelang juga bisa diganti jika sudah terlalu kotor.

Langkah 6: Pasang Stiker pada Bagian Penutup Botol

Pasang stiker pada bagian penutup botol yang sudah dipotong. Stiker ini akan berfungsi sebagai pengunci agar udara yang masuk hanya melalui kipas angin dan tidak bocor ke samping atau ke bawah.

Cara Menggunakan Vacum Cleaner Sederhana

Nah, setelah vacum cleaner sederhana sudah jadi, bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah cara penggunaannya:

Langkah 1: Siapkan Tempat Sampah

Siapkan tempat sampah atau kantong plastik sebagai tempat menampung debu dan kotoran yang sudah disaring oleh vacum cleaner sederhana.

Langkah 2: Nyalakan Kipas Angin

Nyalakan kipas angin pada bagian atas vacum cleaner sederhana menggunakan colokan USB atau power bank.

Langkah 3: Hisap Debu dan Kotoran

Lalu, arahkan bagian bawah vacum cleaner sederhana pada permukaan yang ingin dibersihkan. Gerakkan secara perlahan-lahan agar kotoran dapat tersaring di dalam karet gelang.

Langkah 4: Buang Debu dan Kotoran

Saat sudah selesai, buka bagian bawah vacum cleaner sederhana dan buang debu dan kotoran yang sudah tersaring ke dalam tempat sampah atau kantong plastik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang vacum cleaner sederhana:

1. Bisa digunakan untuk membersihkan apa saja?

Ya, vacum cleaner sederhana bisa digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran pada permukaan apapun, seperti lantai, karpet, sofa, dan sebagainya.

2. Apakah vacum cleaner sederhana bisa membersihkan debu yang lebih halus?

Tentu saja bisa. Karet gelang pada bagian bawah vacum cleaner sederhana bisa menyaring debu dan kotoran yang sangat halus.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Softcase dari Botol Bekas

3. Berapa lama waktu penggunaan vacum cleaner sederhana?

Waktu penggunaan vacum cleaner sederhana tergantung pada kapasitas daya baterai colokan USB atau power bank yang digunakan. Namun, rata-rata bisa digunakan selama 30-60 menit.

4. Apakah vacum cleaner sederhana mudah dibersihkan?

Ya, vacum cleaner sederhana sangat mudah dibersihkan. Bagian bawah vacum cleaner sederhana bisa dibuka untuk membuang debu dan kotoran yang sudah disaring. Selain itu, karet gelang penyaring debu juga bisa dicuci dan diganti jika sudah terlalu kotor.

5. Berapa besar biaya untuk membuat vacum cleaner sederhana?

Biaya untuk membuat vacum cleaner sederhana relatif murah. Hanya beberapa ratus ribu rupiah saja untuk membeli semua bahan yang diperlukan.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat vacum cleaner sederhana yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Selain mudah dibuat, vacum cleaner sederhana ini juga sangat berguna untuk membersihkan rumah. Kamu tidak perlu khawatir lagi tentang sulitnya mencari alat pembersih yang bagus. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Vacum Cleaner Sederhana