Cara Buat Tungku Dapur Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat tungku dapur sederhana yang bisa Sobat Sederhana buat sendiri di rumah. Tungku dapur sederhana ini sangat berguna untuk Sobat Sederhana yang suka memasak di dapur dan ingin menghemat pengeluaran. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Pilih Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum Sobat Sederhana membuat tungku dapur sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu, diantaranya:

Bahan yang Dibutuhkan
Jumlah
Tanah liat
10 kg
Semen
5 kg
Pasir
10 kg
Baja ringan
5 batang
Batu bata merah
50 buah
Kawat besi
2 meter
Bambu petung
2 batang

Semua bahan tersebut bisa Sobat Sederhana dapatkan dengan mudah di toko bangunan terdekat.

2. Persiapan Membuat Tungku Dapur

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan tempat untuk membuat tungku dapur. Caranya sangat mudah, Sobat Sederhana hanya perlu membuat pondasi beton dengan ukuran 1 meter x 1 meter dan tinggi 50 cm. Setelah itu, ratakan dinding pondasi tersebut dengan semen agar permukaannya halus.

Setelah itu, Sobat Sederhana bisa memulai membuat dinding tungku dapur dengan batu bata biasa. Pastikan dinding tungku dapur tingginya sekitar 120 cm dan lebarnya sekitar 60 cm. Setelah selesai membuat dinding, biarkan beton dan batu bata mengering selama 1 – 2 hari.

3. Membuat Pintu Tungku Dapur

Setelah dinding tungku dapur sudah kering, langkah berikutnya adalah membuat pintu. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana hanya perlu membuat kerangka pintu dari kawat besi dengan ukuran yang sama dengan lebar dinding tungku dapur. Kemudian, buatlah pintu dari kayu berukuran sedikit lebih kecil dari dinding tungku dapur.

TRENDING 🔥  Cara Tanam Hidroponik Sederhana yang Menguntungkan untuk Sobat Sederhana

Pasanglah kerangka pintu di atas tungku dapur dan tempelkan pintunya. Pastikan pintu bisa terbuka dan tertutup dengan mudah.

4. Membuat Tungku Dapur

Setelah pintu sudah terpasang dengan baik, selanjutnya adalah membuat tungku dapur. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana hanya perlu mencampurkan tanah liat, semen, pasir, dan air dalam wadah yang cukup besar. Aduklah semua bahan tersebut sampai tercampur rata.

Pada bagian atas dinding tungku dapur, buatlah lubang sebesar 20 cm x 20 cm. Lubang tersebut adalah tempat untuk meletakkan tungku dapur nantinya. Setelah itu, letakkan campuran tanah liat dan semen yang sudah dibuat sebelumnya di atas lubang tersebut dan ratakan sampai ketebalannya sekitar 10 cm.

Setelah itu, letakkan baja ringan di atas campuran tersebut dan tekan-tekan sampai baja ringan menempel pada campuran tanah liat dan semen. Baja ringan ini berfungsi sebagai pengikat antara campuran tanah liat dan semen di atas dinding tungku dapur dengan tungku dapur yang akan dibuat.

5. Membuat Tungku Dapur Bagian Dalam

Setelah baja ringan sudah terpasang dengan baik, selanjutnya adalah membuat tungku dapur bagian dalam. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana hanya perlu mencampurkan tanah liat, semen, pasir, dan air dalam wadah yang cukup besar. Aduklah semua bahan tersebut sampai tercampur rata.

Bentuklah campuran tersebut sedemikian rupa sehingga terlihat seperti bentuk busur dan letakkan di atas baja ringan yang sudah terpasang. Setelah itu, buatlah lubang di tengah busur tersebut untuk tempat memasak nantinya. Pastikan lubang tersebut berukuran sekitar 20 cm x 20 cm.

Setelah selesai, diamkan selama 1 – 2 hari agar tungku dapur bagian dalam kering dan siap digunakan.

FAQ

1. Tungku dapur sederhana ini cocok untuk apa saja?

Tungku dapur sederhana ini cocok untuk Sobat Sederhana yang suka memasak dan ingin menghemat pengeluaran. Tungku dapur sederhana ini bisa digunakan untuk memasak nasi, sayur, lauk pauk, dan makanan lainnya.

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Membuat Kaca Pembesar Sederhana dan Bahan Bohlam

2. Berapa perkiraan biaya yang diperlukan untuk membuat tungku dapur sederhana ini?

Perkiraan biaya yang diperlukan untuk membuat tungku dapur sederhana ini sekitar Rp. 500.000,-

3. Apakah tungku dapur sederhana ini sulit dibuat?

Tidak. Tungku dapur sederhana ini sangat mudah dibuat dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah di atas.

6. Menjaga Tungku Dapur Agar Tetap Awet

Setelah tungku dapur selesai dibuat, Sobat Sederhana harus menjaga agar tungku dapur tetap awet dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Sobat Sederhana lakukan:

  1. Bersihkan tungku dapur secara rutin setelah digunakan
  2. Jangan menempatkan tungku dapur di tempat yang terkena air hujan atau sinar matahari langsung
  3. Jangan memasukkan benda-benda tajam atau keras ke dalam tungku dapur
  4. Gunakan tungku dapur dengan bijak dan hati-hati

Dengan menjaga tungku dapur secara baik dan benar, Sobat Sederhana bisa memperpanjang umur tungku dapur dan menghemat pengeluaran untuk membeli tungku dapur baru.

7. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat tungku dapur sederhana yang bisa Sobat Sederhana buat sendiri di rumah. Dengan membuat tungku dapur sederhana ini, Sobat Sederhana bisa lebih hemat pengeluaran dan memasak dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk menjaga tungku dapur agar tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Tungku Dapur Sederhana untuk Sobat Sederhana