Cara Buat Transmitter dan Receiver Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat transmitter dan receiver sederhana. Bagi kalian yang ingin mencoba proyek ini, artikel ini akan membantu kalian. Yuk, simak penjelasannya!

Apa itu Transmitter dan Receiver?

Transmitter dan receiver adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. Transmitter digunakan untuk mengirim sinyal, sedangkan receiver digunakan untuk menerima sinyal yang dikirim. Biasanya, transmitter dan receiver digunakan dalam sistem komunikasi nirkabel seperti radio, televisi, dan telepon seluler.

Transmitter

Transmitter adalah perangkat yang digunakan untuk mengirim sinyal. Sinyal yang dikirim bisa berupa suara, gambar, atau data. Transmitter ini terdiri dari beberapa komponen, seperti oscillator, modulator, dan amplifier.

Oscillator adalah komponen yang menghasilkan sinyal osilator. Sinyal osilator ini menjadi sinyal dasar yang akan dimodulasi.

Modulator adalah komponen yang digunakan untuk memodulasi sinyal dasar. Modulasi sinyal ini berguna untuk mengubah sinyal dasar menjadi sinyal yang sesuai dengan frekuensi dan bandwith yang diinginkan.

Amplifier adalah komponen yang bertugas untuk memperkuat sinyal. Dalam transmitter, amplifier digunakan untuk memperkuat sinyal yang telah dimodulasi sebelum disalurkan melalui antena.

Receiver

Receiver adalah perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal yang telah dikirim oleh transmitter. Receiver juga terdiri dari beberapa komponen, seperti antena, demodulator, dan amplifier.

Antena adalah komponen yang digunakan untuk menangkap sinyal yang dikirim oleh transmitter. Antena ini bertugas untuk mengubah gelombang elektromagnetik menjadi sinyal listrik yang dapat diterima oleh receiver.

Demodulator adalah komponen yang digunakan untuk mendemodulasi sinyal yang telah diterima oleh antena. Dalam proses demodulasi, sinyal yang telah diterima akan dikembalikan ke bentuk aslinya sebelum dimodulasi oleh transmitter.

TRENDING 🔥  Cara Buat Abon Ayam Sederhana untuk Sobat Sederhana

Amplifier dalam receiver bertugas untuk memperkuat sinyal yang telah diterima oleh antena sebelum diteruskan ke speaker atau layar.

Cara Membuat Transmitter Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat transmitter sederhana:

1. Persiapan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Breadboard
1
Resistor 220 ohm
2
Kapasitor 100 nF
1
Kapasitor 10 uF
1
Transistor NPN BC547
1
Induktor 10 uH
1
Antena
1
Baterai 9V
1

2. Sambungkan Bahan

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyambungkan bahan sesuai dengan diagram rangkaian di bawah ini:

Perhatikan bahwa antena harus terpasang pada pin out transmitter.

3. Uji Coba Transmitter

Setelah semua komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah menguji coba transmitter dengan menggunakan radio FM atau penerima nirkabel lainnya. Pastikan sinyal yang dihasilkan dapat diterima oleh perangkat penerima.

Cara Membuat Receiver Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat receiver sederhana:

1. Persiapan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Breadboard
1
Resistor 100 ohm
1
Resistor 10 kohm
1
Kapasitor 100 nF
1
Transistor PNP BC557
1
Speaker 8 ohm
1
Antena
1
Baterai 9V
1

2. Sambungkan Bahan

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menyambungkan bahan sesuai dengan diagram rangkaian di bawah ini:

Perhatikan bahwa antena harus terpasang pada pin out receiver.

3. Uji Coba Receiver

Setelah semua komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah menguji coba receiver dengan menggunakan transmitter yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan speaker dapat mengeluarkan suara dari sinyal yang diterima oleh receiver.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan transmitter dan receiver?

Transmitter dan receiver adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal.

TRENDING 🔥  Cara Coding Sederhana LCD TFT

2. Apa manfaat dari membuat transmitter dan receiver sederhana?

Membuat transmitter dan receiver sederhana dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat tentang sistem komunikasi nirkabel.

3. Apa saja komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan transmitter dan receiver sederhana?

Komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan transmitter dan receiver sederhana antara lain breadboard, resistor, kapasitor, transistor, induktor, antena, dan baterai.

4. Apa yang harus dilakukan jika sinyal yang dihasilkan transmitter tidak dapat diterima oleh receiver?

Jika sinyal yang dihasilkan transmitter tidak dapat diterima oleh receiver, periksa kembali rangkaian dan pastikan komponen terpasang dengan benar.

5. Apa yang harus dilakukan jika speaker pada receiver tidak mengeluarkan suara?

Jika speaker pada receiver tidak mengeluarkan suara, periksa kembali rangkaian dan pastikan komponen terpasang dengan benar.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Transmitter dan Receiver Sederhana