Cara Buat Teropong Sederhana dari Karton

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pernahkah kamu ingin melihat objek jauh tapi tidak punya teropong? Tenang saja, kali ini kami akan membahas cara membuat teropong sederhana dari karton untuk memudahkanmu melihat objek jauh tanpa harus membeli teropong yang mahal. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Teropong?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas dulu apa itu teropong. Teropong adalah alat optik yang digunakan untuk melihat suatu objek jauh dengan lebih jelas. Teropong biasanya terdiri dari dua buah lensa yang berfungsi untuk memperbesar objek dan memberikan gambar yang lebih jelas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat teropong sederhana dari karton, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Karton
2 lembar
Lensa
2 buah
Lem
secukupnya
Gunting
1 buah

Langkah-langkah membuat teropong sederhana dari karton

Nah, setelah mempersiapkan bahan-bahan di atas, Sobat Sederhana bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Potong karton

Pertama-tama, potonglah kedua lembar karton menjadi dua bagian secara vertikal sehingga menjadi empat bagian. Gunakan gunting untuk memotong.

2. Gulung karton

Setelah karton dipotong, gulingkan setiap lembar karton menjadi sebuah tabung dan rekatkan dengan lemak atau selotip. Pastikan keduanya memiliki diameter yang sama.

3. Sisipkan lensa

Pada salah satu tabung, buat lubang kecil sebesar lensa dan sisipkan lensa ke dalamnya. Pastikan lensa tidak bergerak atau goyang pada lubang kecil tersebut. Lakukan hal yang sama pada tabung lainnya.

4. Satukan tabung

Setelah kedua tabung memiliki lensa, satukan kedua tabung tersebut dan rekatkan dengan lemak atau selotip. Pastikan kedua lensa terpasang dengan pas dan tidak mengganggu pandangan Sobat Sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Sederhana GUI Matlab Prosentase

5. Uji coba teropong

Selanjutnya, ujilah teropong sederhana yang telah dibuat. Carilah objek jauh yang ingin dilihat dan coba lihat dengan teropong. Jika hasilnya kurang memuaskan, kamu bisa menggeser atau mengatur jarak antara kedua lensa agar memberikan hasil yang lebih baik.

FAQ

1. Apakah lensa bisa diganti dengan bahan lain?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana. Lensa bisa diganti dengan botol plastik yang diisi air atau kaca pembesar yang biasa digunakan untuk membaca. Namun, pastikan benda pengganti itu cukup jernih dan melengkung agar menyerupai lensa.

2. Apakah teropong sederhana dari karton bisa digunakan untuk melihat benda di malam hari?

Teropong sederhana dari karton sebenarnya hanya dapat digunakan untuk melihat benda pada siang hari, karena cahaya matahari membantu memperjelas objek yang terlihat. Namun, jika ingin melihat benda di malam hari, kamu bisa menambahkan lensa tambahan atau menggunakan teknik fotografi malam seperti long exposure.

3. Bagaimana cara membersihkan lensa teropong sederhana dari karton?

Untuk membersihkan lensa teropong sederhana dari karton, Sobat Sederhana bisa menggunakan kain microfiber yang halus. Pastikan kain tersebut bersih dan tidak mengandung debu agar tidak merusak lensa. Hindari menggosok lensa terlalu keras, karena bisa membuatnya tergores atau rusak.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat teropong sederhana dari karton yang dapat membantu Sobat Sederhana melihat objek jauh dengan lebih jelas. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat teropong sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Teropong Sederhana dari Karton