Cara Buat Tempe Bacem Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini, kami akan membahas cara membuat tempe bacem sederhana yang lezat dan gurih. Tempe bacem merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat nikmat untuk disantap. Meskipun begitu, banyak orang yang merasa kesulitan saat ingin membuatnya sendiri di rumah. Nah, kali ini kami akan memberikan panduan lengkap cara membuat tempe bacem sederhana yang mudah diikuti. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Siapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat tempe bacem, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tempe
400 gram
Kecap manis
4 sendok makan
Gula merah
100 gram
Air secukupnya
Bawang putih
5 siung
Jahe
2 ruas jari
Lengkuas
1 ruas jari
Daun salam
3 lembar
Garam
secukupnya
Minyak goreng

Pastikan bahan-bahan yang digunakan dalam keadaan segar dan berkualitas baik agar hasil akhirnya pun sempurna.

2. Potong-potong Tempe

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya mempersiapkan tempe. Potong-potong tempe menjadi ukuran sesuai selera. Kemudian, goreng tempe hingga kuning keemasan. Tiriskan tempe dari minyak goreng dan sisihkan terlebih dahulu sambil menyiapkan bahan lainnya.

3. Cincang Bawang Putih, Jahe, dan Lengkuas

Selanjutnya, cincang kasar bawang putih, jahe, dan lengkuas. Bahan-bahan ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada tempe bacem. Setelah itu, tumis bahan-bahan tersebut hingga harum dan matang.

4. Rebus Gula Merah dan Air

Sambil menunggu bahan-bahan tumisan matang, rebus gula merah dan air dalam panci hingga gula merah larut dan air menjadi kental. Pastikan gula merah benar-benar larut dan air tidak terlalu banyak atau sedikit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tanggal di Web Server Arduino Sederhana

5. Tambahkan Kecap Manis, Lada, dan Garam ke dalam Rebusan Gula Merah

Setelah gula merah larut dalam air, tambahkan kecap manis, lada, dan garam. Aduk merata hingga semua bahan tercampur sempurna. Rasakan rasa kaldunya, tambahkan gula atau garam bila diperlukan.

6. Tambahkan Tempe ke dalam Rebusan Gula Merah

Ketika rebusan gula merah sudah siap dengan rasa yang pas, secara perlahan tambahkan tempe yang sudah digoreng ke dalam panci. Aduk-aduk hingga tempe terendam dalam kuah gula merah. Tambahkan daun salam untuk memberikan aroma dan rasa yang sedap.

7. Masak Tempe dengan Api Kecil

Masak tempe dengan api kecil dalam waktu 15-20 menit. Aduk sesekali agar kuah gula merah terserap merata dan tempe menjadi lembut. Pastikan kuah gula merah tidak menguap dan tempe tidak gosong.

8. Sajikan Tempe Bacem Sederhana

Setelah tempe matang dan kuah gula merah terserap dengan sempurna, angkat tempe bacem dari panci. Sajikan tempe bacem sederhana yang gurih dan lezat bersama nasi putih hangat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa Saja Jenis Tempe yang Bisa Digunakan untuk Membuat Tempe Bacem?

Anda bisa menggunakan berbagai jenis tempe untuk membuat tempe bacem seperti tempe mendoan, tempe goreng, atau tempe cabe garam. Semua jenis tempe dapat diolah menjadi tempe bacem yang enak dan lezat.

Apakah Gula Merah Bisa Diganti dengan Gula Pasir?

Bisa. Namun, gula merah memberikan rasa yang lebih khas dan sedap pada tempe bacem. Jika Anda tidak suka dengan gula merah, Anda bisa menggantinya dengan gula pasir. Namun, pastikan Anda menambahkan sedikit air agar gula pasir larut dengan sempurna.

Bisakah Saya Membuat Tempe Bacem Tanpa Daun Salam?

Bisa. Namun, daun salam memberikan aroma yang khas pada tempe bacem. Jika Anda tidak suka dengan daun salam, Anda bisa menggantinya dengan daun jeruk atau daun pandan. Semua jenis daun akan memberikan aroma yang nikmat pada tempe bacem.

TRENDING 🔥  Cara Desain Photoshop Sederhana Menarik Ucapan Selamat Lebaran

Jika Saya Tidak Punya Waktu untuk Menggoreng Tempe, Bisakah Langsung Digunakan Tanpa Menggoreng?

Bisa. Tapi, menggoreng tempe terlebih dahulu akan membuat tempe bacem menjadi lebih enak dan lezat. Ketika digoreng, tempe menjadi lebih renyah dan empuk. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk menggoreng tempe, Anda bisa langsung menggunakan tempe yang sudah matang.

Berapa Lama Tempe Bacem Tahan di Kulkas?

Tempe bacem dapat tahan hingga 5-7 hari di dalam kulkas. Namun, pastikan Anda menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak mudah basi atau bau.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Tempe Bacem Sederhana