Cara Buat Telur Balado Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat telur balado sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Telur balado adalah salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki rasa pedas dan gurih. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur balado sangat mudah didapat dan harganya pun terjangkau. Yuk, simak tutorialnya berikut ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat telur balado, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan yang harus kamu persiapkan:

Bahan
Jumlah
Telur ayam
6 butir
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Cabe merah besar
5 buah
Cabe rawit merah
10 buah
Tomat
2 buah
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air
100 ml
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan terkumpul, kamu bisa memulai proses pembuatan telur balado yang sederhana ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Rebus telur ayam

Langkah pertama adalah merebus telur ayam hingga matang. Setelah itu, kupas kulitnya dan belah menjadi dua bagian. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Haluskan bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, cabe rawit merah, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng pada wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Kemudian, tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk rata.

4. Masukkan telur ayam

Setelah bumbu tercampur rata, masukkan telur ayam yang sudah dibelah menjadi dua bagian ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu. Tambahkan 100 ml air dan aduk kembali.

5. Masak hingga matang

Tutup wajan menggunakan penutup dan biarkan telur balado matang dengan api sedang selama 5-10 menit. Jangan lupa sesekali diaduk agar bumbu meresap sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Buat Minyak Atsiri Sereh Wangi Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Dapatkah Telur Balado Disimpan di Kulkas?

Ya, kamu bisa menyimpan sisa telur balado di dalam kulkas selama beberapa hari. Pastikan kamu menggunakan wadah yang kedap udara dan tutup rapat agar tidak cepat busuk.

2. Bagaimana Jika Tidak Suka Pedas?

Jika kamu tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabe rawit dan cabe merah besar sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air atau santan untuk meredakan pedasnya.

3. Apa yang Bisa Disajikan Bersama Telur Balado?

Telur balado enak disajikan bersama nasi putih dan sayur seperti kangkung atau bayam. Kamu juga bisa menambahkan sambal atau kerupuk sebagai pelengkap.

4. Bisakah Telur Balado Dibuat Tanpa Telur?

Ya, kamu bisa mengganti telur dengan tahu atau tempe. Potong tahu atau tempe menjadi kecil lalu goreng sebentar sebelum dicampurkan dengan bumbu. Tahu atau tempe balado siap disajikan.

5. Berapa Lama Telur Balado Dapat Disimpan?

Sisa telur balado dapat disimpan di kulkas selama 2-3 hari. Pastikan wadah penyimpanan bersih dan kedap udara agar tidak cepat rusak.

Kesimpulan

Itulah tadi tutorial lengkap tentang cara membuat telur balado sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Resep ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba menu baru dengan rasa pedas dan gurih. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah dengan benar. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Telur Balado Sederhana