Cara Buat Stirling Engine Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari cara membuat stirling engine sederhana. Stirling engine merupakan mesin panas yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Mesin ini sangatlah menarik karena dapat menghasilkan energi dengan sangat efisien dan ramah lingkungan. Yuk simak langkah-langkahnya!

Materi dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat stirling engine, Sobat Sederhana harus menyiapkan materi dan alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang harus disiapkan:

Materi
Alat
Pipa tembaga
Bor
Tutup botol plastik
Pahat
Piston
Pisau copotan
Terminal
Busi
Baut
Sekrup

Setelah Sobat Sederhana menyiapkan semua materi dan alat, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembuatan stirling engine sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pembuatan Piston

Langkah pertama dalam pembuatan stirling engine adalah membuat piston. Piston merupakan salah satu bagian utama dari mesin stirling. Berikut cara membuat piston:

1. Siapkan sebuah pipa tembaga dan potong sesuai panjang yang diinginkan.

2. Untuk membentuk piston, Sobat Sederhana dapat menggunakan pisau copotan dan memotong pipa tembaga menjadi dua bagian secara horizontal.

3. Setelah itu, gunting bagian dalam pipa hingga kedua bagian dapat saling disatukan kembali dan membentuk sebuah piston yang utuh.

4. Terakhir, pasang terminal pada ujung piston agar dapat terhubung dengan mesin stirling secara keseluruhan.

Pembuatan Silinder

Setelah piston selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat silinder. Silinder merupakan rumah bagi piston dan juga tempat untuk menghasilkan energi panas. Berikut adalah cara membuat silinder:

1. Siapkan sebuah tutup botol plastik, dan bor lubang di tengah-tengah tutup botol plastik tersebut.

2. Pasang pipa tembaga pada lubang tersebut, kemudian pasang juga busi pada ujung pipa tembaga yang satu lagi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampion Sederhana dari Kertas Minyak

3. Setelah itu, pasang piston pada ujung pipa tembaga yang satunya lagi.

4. Silinder siap digunakan! Namun, agar menjadi mesin stirling yang utuh, masih ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Pemasangan Heat Sink

Setelah membuat piston dan silinder, langkah selanjutnya adalah memasang heat sink. Heat sink diperlukan untuk menyerap panas dan mendinginkan mesin stirling. Berikut adalah cara memasang heat sink:

1. Siapkan sebuah heat sink yang telah dibeli atau dapat juga menggunakan barang bekas yang dapat menyerap panas.

2. Letakkan heat sink pada silinder, kemudian ikat dengan baut atau sekrup.

3. Pastikan heat sink terpasang dengan kuat agar dapat menyerap panas dengan baik dan menjaga mesin stirling agar tidak overheat.

Penambahan Minyak Pelumas

Langkah selanjutnya adalah menambahkan minyak pelumas pada mesin stirling. Minyak pelumas diperlukan untuk menjaga agar piston dapat bergerak dengan lancar dan tidak mengalami gesekan yang berlebihan. Berikut cara menambahkan minyak pelumas:

1. Siapkan minyak pelumas jenis apapun, dan tuangkan ke dalam silinder.

2. Pastikan minyak pelumas terdistribusi dengan merata pada seluruh bagian mesin stirling.

3. Jangan terlalu banyak mengisi minyak pelumas, karena dapat menyebabkan mesin stirling menjadi berat dan efisiensi energinya menurun.

Penambahan Sumber Panas

Setelah semua tahapan di atas selesai dilakukan, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menambahkan sumber panas. Sumber panas ini dapat berasal dari berbagai sumber seperti kompor gas atau api lilin. Berikut adalah cara menambahkan sumber panas:

1. Siapkan sebuah sumber panas, seperti kompor gas atau api lilin.

2. Letakkan silinder pada atas sumber panas tersebut.

3. Tunggu beberapa saat hingga mesin stirling mulai bergerak dan menghasilkan energi mekanik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Crossbow Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu stirling engine?

Stirling engine merupakan mesin panas yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik. Mesin ini sangatlah menarik karena dapat menghasilkan energi dengan sangat efisien dan ramah lingkungan.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat stirling engine sederhana?

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat stirling engine sederhana antara lain pipa tembaga, tutup botol plastik, piston, terminal, dan baut.

3. Apa fungsi dari heat sink pada mesin stirling?

Heat sink diperlukan untuk menyerap panas dan mendinginkan mesin stirling. Hal ini sangat penting agar mesin stirling tidak overheat dan dapat bekerja secara optimal.

4. Apa yang harus dilakukan jika mesin stirling terlalu panas?

Jika mesin stirling terlalu panas, maka dapat dibantu dengan memasang kipas atau radiator untuk menghilangkan panas yang berlebihan.

5. Apa manfaat dari membuat stirling engine sederhana?

Membuat stirling engine sederhana dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi Sobat Sederhana, serta dapat mempromosikan efisiensi energi dan penggunaan teknologi ramah lingkungan.

Conclusion

Demikianlah artikel tentang cara buat stirling engine sederhana. Mesin ini sangatlah menarik dan dapat menghasilkan energi dengan sangat efisien dan ramah lingkungan. Dengan menyiapkan materi dan alat yang dibutuhkan serta mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana dapat membuat stirling engine sederhana sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Stirling Engine Sederhana