Cara Buat Steering Wheel Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat steering wheel sederhana untuk mobil RC atau racing simulator. Steering wheel merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan, karena berfungsi sebagai pengendali arah dan kecepatan. Dalam pembuatan steering wheel sederhana ini, kita akan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan harga terjangkau. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain:

Alat
Bahan
1. Soldering Iron
1. Arduino Pro Micro
2. Screwdriver
2. Potentiometer
3. Wire Stripper
3. Push Button
4. Plier
4. Wood or Plastic Material
5. Glue Gun
5. Jumper Wire

Sobat Sederhana dapat membeli bahan-bahan tersebut di toko elektronik atau toko online terpercaya.

Langkah Pembuatan

1. Membuat Rangka Steering Wheel

Langkah pertama dalam pembuatan steering wheel adalah membuat rangka atau bingkai dari kayu atau plastik. Sobat Sederhana dapat memilih ukuran dan bentuk yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, potong rangka menggunakan gergaji sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Selanjutnya, buat lubang di tengah rangka untuk meletakkan potensiometer dan push button. Perhatikan ukuran lubang yang dibuat agar pas dengan potensiometer dan push button yang digunakan.

Setelah rangka selesai dipotong dan dibentuk, gunakan lem dan baut untuk mengikat bagian-bagian rangka menjadi satu kesatuan. Pastikan bagian-bagian rangka rata dan tidak bergerak.

2. Memasang Potensiometer

Setelah rangka selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang potensiometer. Potensiometer akan berfungsi sebagai pengedali arah kemudi pada steering wheel.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Route Sederhana Menggunakan API Maps

Pertama-tama, buat lubang pada rangka sesuai dengan ukuran potensiometer yang digunakan. Setelah itu, sisipkan potensiometer ke dalam lubang dan fiksasi dengan menggunakan baut atau lem.

Setelah potensiometer dipasang, sambungkan kaki potensiometer dengan jumper wire, kemudian sambungkan jumper wire tersebut ke port input pada Arduino Pro Micro.

3. Memasang Push Button

Langkah selanjutnya adalah memasang push button pada rangka steering wheel. Push button akan berfungsi sebagai tombol gas atau rem pada steering wheel.

Buat lubang pada rangka sesuai dengan ukuran push button yang digunakan, kemudian sisipkan push button ke dalam lubang dan fiksasi dengan menggunakan baut atau lem.

Setelah push button dipasang, sambungkan kaki push button dengan jumper wire, kemudian sambungkan jumper wire tersebut ke port input pada Arduino Pro Micro.

4. Memasang Arduino Pro Micro

Langkah terakhir dalam pembuatan steering wheel adalah memasang Arduino Pro Micro. Arduino Pro Micro akan berfungsi sebagai pengolah data dan komunikasi antara steering wheel dengan perangkat yang akan digunakan.

Pertama-tama, pasang Arduino Pro Micro pada rangka steering wheel menggunakan baut atau lem. Setelah itu, sambungkan kaki output potensiometer dan push button ke port input pada Arduino Pro Micro. Pastikan koneksi sudah benar dan kuat.

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan bahan yang lain selain kayu atau plastik?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana dapat menggunakan bahan lain seperti logam atau karet. Namun, pastikan bahan yang digunakan mudah dibentuk dan tidak berbahaya bagi pengguna.

2. Apakah bisa menggunakan potensiometer dan push button yang berbeda dengan yang disarankan?

Bisa, Sobat Sederhana dapat menggunakan potensiometer dan push button yang berbeda, namun pastikan spesifikasi dan ukuran potensiometer dan push button yang digunakan sesuai dengan port input pada Arduino Pro Micro.

TRENDING 🔥  Cara Web Crawling Sederhana 2018

3. Apakah steering wheel ini bisa digunakan di mobil RC dan racing simulator?

Ya, steering wheel ini dapat digunakan di mobil RC dan racing simulator yang mendukung penggunaan steering wheel eksternal.

4. Apakah bisa menambahkan fitur lain pada steering wheel ini?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana dapat menambahkan fitur lain seperti tombol klakson atau lampu indikator. Namun, pastikan spesifikasi dan ukuran fitur yang ditambahkan sesuai dengan koneksi pada Arduino Pro Micro.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat steering wheel sederhana untuk mobil RC atau racing simulator. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Sobat Sederhana dalam membuat steering wheel sendiri. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman Sobat Sederhana yang ingin belajar membuat steering wheel. Terima kasih telah membaca, sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Steering Wheel Sederhana