Cara Buat Sop Daging Sederhana Dan Gambarnya

Salam hangat Sobat Sederhana! Bagi yang suka masak, pasti sudah tidak asing lagi dengan sop daging. Sop daging merupakan salah satu hidangan yang paling banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, baik itu sebagai menu sarapan, makan siang, atau bahkan makan malam.

Bagi yang belum tahu, sop daging adalah hidangan yang terbuat dari potongan daging yang direbus bersama sayuran dan rempah-rempah yang membuat rasanya semakin enak. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Sobat Sederhana mengenai cara membuat sop daging sederhana beserta gambarnya. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak sop daging, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Kentang
2 buah
Wortel
2 buah
Bawang putih
3 siung
Bawang merah
5 siung
Daun bawang
1 batang
Ketumbar
1 sendok makan
Kaldu bubuk
1 sendok teh
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Air
1,5 liter
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Sop Daging Sederhana

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, Sobat Sederhana bisa mulai memasak sop daging dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Membersihkan dan Memotong Daging Sapi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan dan memotong daging sapi. Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mencuci daging sapi hingga bersih. Setelah itu, potong daging sapi menjadi ukuran yang diinginkan.

Langkah 2: Membuat Kaldu

Setelah daging sapi bersih dan dipotong, selanjutnya kita akan membuat kaldu terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar sop daging memiliki rasa yang lebih enak dan gurih. Cara membuat kaldu sendiri cukup mudah, Sobat Sederhana hanya perlu merebus daging sapi bersama air hingga mendidih. Setelah itu, angkat daging sapi lalu buang air rebusannya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Gelang Couple Sederhana

Langkah 3: Menumis Bumbu-Bumbu Halus

Selanjutnya, Sobat Sederhana bisa menumis bumbu-bumbu halus terlebih dahulu sebelum memasukkan daging sapi. Cara menumis bumbu-bumbu halus cukup mudah, yaitu dengan menggoreng bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan hingga harum.

Langkah 4: Memasukkan Daging Sapi

Setelah bumbu halus harum, Sobat Sederhana bisa memasukkan daging sapi ke dalam wajan. Aduk daging sapi hingga rata dengan bumbu halus dan masak hingga daging berubah warna.

Langkah 5: Menambahkan Air dan Bahan-Bahan Lainnya

Setelah daging sapi berubah warna, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Setelah itu, masukkan kentang dan wortel yang sudah dipotong-potong, daun bawang yang sudah diiris, ketumbar, kaldu bubuk, garam, dan lada secukupnya. Aduk rata dan biarkan hingga kentang dan wortel matang.

Langkah 6: Sajikan Sop Daging

Setelah kentang dan wortel matang, matikan api dan sop daging sederhana siap untuk disajikan. Sop daging bisa disajikan dengan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah sop daging baik untuk kesehatan?

Jawab: Sop daging mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti protein dari daging sapi, karbohidrat dari kentang dan wortel, serta berbagai vitamin dan mineral dari sayurannya.

2. Apakah sop daging sulit untuk dibuat?

Jawab: Tidak, sop daging sangat mudah untuk dibuat dan tidak membutuhkan banyak waktu.

3. Bisakah menggunakan daging sapi yang sudah dipotong-potong?

Jawab: Bisa, namun disarankan menggunakan daging sapi yang masih utuh agar sop daging lebih empuk dan rasanya lebih enak.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sop daging?

Jawab: Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sop daging sekitar 45-60 menit.

TRENDING 🔥  Cara Mensederhanakan Bentuk Pencahan

5. Apa saja bahan-bahan tambahan yang bisa ditambahkan ke dalam sop daging?

Jawab: Beberapa bahan tambahan yang biasa ditambahkan ke dalam sop daging antara lain jagung, kacang merah, tomat, dan tauge.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Sop Daging Sederhana Dan Gambarnya

https://youtube.com/watch?v=l6eiiMmrIpI