Cara Buat Seblak Kuah Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang resep seblak kuah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Seblak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang menggigit. Seblak kuah adalah salah satu jenis seblak yang disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak cara membuat seblak kuah sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat seblak kuah sederhana ini. Berikut adalah beberapa bahan yang kamu butuhkan:

NO
BAHAN
JUMLAH
1
Mie basah
1 bungkus
2
Kerupuk aci
1 genggam
3
Tahu
2 buah
4
Telur
2 butir
5
Daun bawang
secukupnya
6
Cabe rawit merah
5 buah
7
Bawang goreng
secukupnya
8
Air
500 ml
9
Bumbu-bumbu
secukupnya

Dengan bahan-bahan tersebut, kamu sudah bisa membuat seblak kuah sederhana yang enak dan pedas sesuai selera. Yuk, kita mulai membuatnya!

Langkah Membuat Seblak Kuah Sederhana

Untuk membuat seblak kuah sederhana ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Rebus Mie Basah dan Kerupuk Aci

Langkah pertama adalah merebus mie basah dan kerupuk aci. Rebus mie basah dan kerupuk aci dengan air mendidih selama 3-5 menit. Kemudian tiriskan dan sisihkan.

2. Potong Tahu dan Telur

Potong tahu dan telur menjadi dadu kecil atau sesuai selera. Kemudian goreng hingga matang dan kecoklatan. Setelah itu tiriskan dan sisihkan.

3. Iris Cabe Rawit dan Daun Bawang

Iris cabe rawit dan daun bawang menjadi potongan kecil-kecil. Sisihkan terlebih dahulu hingga kamu membutuhkannya.

4. Masak Bumbu-Bumbu

Tumis bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan cabe merah. Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Masukkan mie basah dan kerupuk aci yang sudah direbus sebelumnya. Aduk-aduk hingga bumbu merata dan kuah tercampur dengan baik. Masak selama 5-7 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bola-Bola Nasi Sederhana

5. Tambahkan Tahu, Telur, dan Cabe Rawit

Setelah itu, tambahkan tahu dan telur yang sudah digoreng tadi ke dalam panci kuah seblak. Masukkan juga cabe rawit iris dan daun bawang. Aduk-aduk kembali sebentar.

6. Sajikan dengan Bawang Goreng

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, matikan kompor dan angkat panci seblak. Sajikan seblak kuah sederhana dengan taburan bawang goreng di atasnya.

FAQ Seputar Seblak Kuah Sederhana

1. Apa bedanya seblak kuah dan seblak kering?

Seblak kuah adalah jenis seblak yang disajikan dengan kuah yang gurih dan pedas. Sementara seblak kering adalah jenis seblak yang tidak disajikan dengan kuah, melainkan hanya campuran bumbu dan mie basah atau kerupuk aci.

2. Bolehkah menggunakan mie instan untuk membuat seblak kuah?

Sebaiknya tidak menggunakan mie instan untuk membuat seblak kuah karena kandungan bahan-bahan pada mie instan tidak sehat bagi tubuh. Lebih baik menggunakan mie basah atau mie bihun.

3. Bagaimana cara menyimpan seblak kuah sederhana ini?

Seblak kuah sederhana ini bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 hari setelah dimasak. Jangan lupa untuk memanaskan kembali seblak sebelum disajikan agar lebih enak dan segar.

4. Bagaimana jika tidak suka pedas?

Jika tidak suka pedas, kamu bisa mengurangi jumlah cabe rawit atau bahkan tidak menggunakan cabe rawit sama sekali. Namun, rasa seblak kuah akan berbeda jika tidak menggunakan cabe rawit.

Penutup

Demikianlah cara membuat seblak kuah sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapat dan langkah yang sederhana, kamu bisa membuat seblak kuah enak dan pedas sesuai selera. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Layang Layang Sederhana dari Bambu

Cara Buat Seblak Kuah Sederhana