Cara Buat Saus Pasta Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat saus pasta yang sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Siapa sih yang tidak suka dengan pasta? Makanan yang satu ini memang sangat populer di seluruh dunia, dan saus pasta adalah salah satu bahan penting untuk membuatnya menjadi lezat. Namun, seringkali saus pasta yang dijual di supermarket mengandung banyak bahan pengawet dan pewarna buatan yang tidak sehat. Oleh karena itu, membuat saus pasta sendiri di rumah adalah alternatif yang lebih sehat dan menyenangkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat saus pasta, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk membuat saus pasta adalah:

Bahan
Jumlah
Bawang putih
3 siung
Bawang Bombay
1 buah
Tomat
5 buah
Gula pasir
1 sdm
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Minyak zaitun
2 sdm
Daun basil
secukupnya

Langkah-langkah Membuat Saus Pasta

1. Persiapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat saus pasta, siapkan terlebih dahulu semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan di atas.

2. Cuci dan Potong Bahan-bahan

Cuci tomat, bawang putih, dan bawang Bombay. Potong tomat dan bawang Bombay menjadi dadu kecil-kecil, dan iris bawang putih.

3. Panaskan Minyak Zaitun

Panaskan minyak zaitun di atas wajan dengan api sedang.

4. Tumis Bawang Putih dan Bawang Bombay

Masukkan bawang putih dan bawang Bombay ke dalam wajan yang telah dipanaskan. Tumis hingga tercium aroma harum dan bawang sudah mulai layu.

5. Tambahkan Tomat

Masukkan tomat yang telah dipotong ke dalam wajan. Tambahkan gula, garam, dan lada hitam secukupnya. Aduk rata dan biarkan hingga tomat menjadi lembut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bel Listrik Sederhana Untuk Anak SD

6. Masak hingga Mengental

Masak saus pasta hingga mengental dan bumbu meresap ke dalam tomat. Saus pasta yang enak harus memiliki tekstur yang kental namun tetap mudah dicampur dengan pasta.

7. Tambahkan Daun Basil

Tambahkan daun basil yang telah dicincang kasar ke dalam saus pasta yang telah matang. Aduk rata dan matikan api.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah Saus Pasta Ini Disimpan?

Tentu saja, Saus pasta ini bisa disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari atau di dalam freezer selama 2 bulan.

2. Apa Yang Bisa Ditambahkan ke dalam Saus Pasta Ini?

Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti daging cincang atau sayuran medley untuk membuat saus pasta yang lebih lezat.

3. Apa Saus Pasta Ini Bisa Dibuat Tanpa Tomat?

Tentu saja, Anda bisa mengganti tomat dengan bahan lain seperti paprika merah atau wortel.

Kesimpulan

Saus pasta sederhana bisa dibuat dengan mudah di rumah dengan bahan-bahan yang tidak sulit ditemukan. Dengan membuat saus pasta sendiri, Anda bisa mengontrol kualitas dan kuantitas bahan yang digunakan sehingga lebih sehat dan segar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Saus Pasta Sederhana