Cara Buat Sambal Cabe Hijau Yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu suka makan sambal cabe hijau? Bagi penggemar pedas, sambal cabe hijau menjadi salah satu saus yang wajib ada di setiap hidangan. Namun, tidak semua orang pandai mengolah sambal cabe hijau yang enak dan lezat. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, kami akan berbagi cara membuat sambal cabe hijau yang sederhana dan mudah diikuti. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Siapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan sambal cabe hijau, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Cabe hijau besar
10 buah
Bawang putih
5 siung
Cuka masak
2 sendok makan
Garam
1 sendok teh
Gula pasir
1 sendok makan
Acecook atau penyedap rasa (opsional)
1 sendok teh
Air matang
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

2. Cuci dan Potong Bahan

Setelah semua bahan disiapkan, langkah berikutnya adalah mencuci dan memotong bahan. Cabe hijau besar dicuci bersih lalu potong-potong kecil. Bawang putih juga dicuci dan diiris tipis-tipis.

3. Tumis Bahan

Masukkan minyak goreng ke dalam wajan dan panaskan. Setelah panas, tumis bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan cabe hijau dan aduk hingga rata. Tambahkan sedikit air agar cabe hijau tidak gosong.

4. Beri Bumbu

Selanjutnya, tambahkan garam, gula pasir, acecook atau penyedap rasa (jika suka), dan cuka masak. Aduk hingga rata dan angkat dari wajan.

5. Blender Bahan

Ambil bahan yang sudah ditumis dan masukkan ke dalam blender. Blender bahan hingga halus dan lembut.

6. Sajikan Sambal Cabe Hijau Sederhana

Sambal cabe hijau siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan simpan di kulkas untuk penggunaan di kemudian hari.

TRENDING 🔥  Cara Memasang Sorban Sederhana

FAQ

Q: Berapa lama sambal cabe hijau bisa disimpan di kulkas?

A: Sambal cabe hijau yang sudah diolah bisa disimpan di kulkas selama 1-2 minggu.

Q: Bisakah saya menambahkan bahan lain ke dalam sambal cabe hijau?

A: Tentu saja. Kamu bisa menambahkan bahan lain sesuai selera seperti tomat, jeruk nipis, atau bahan-bahan lain yang kamu suka.

Q: Apakah sambal cabe hijau ini terlalu pedas?

A: Intensitas kepedasan sambal cabe hijau bisa disesuaikan dengan jumlah cabe hijau yang digunakan. Jika kamu ingin sambal cabe hijau yang lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabe hijau.

Q: Apa manfaat dari sambal cabe hijau?

A: Sambal cabe hijau dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi stres oksidatif dan meredakan rasa sakit.

Q: Bisa bikin sambal cabe hijau tanpa bawang putih?

A: Bisa, kamu bisa mengganti bawang putih dengan bawang merah atau bahkan tidak menambahkan bahan tersebut jika tidak suka.

Q: Bisakah sambal cabe hijau ini digunakan untuk masakan lain?

A: Ya, sambal cabe hijau ini bisa digunakan sebagai bumbu tambahan untuk masakan lainnya seperti nasi goreng atau mie goreng.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Sambal Cabe Hijau Yang Sederhana