Cara Buat Roti Manis Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat roti manis sederhana yang bisa kamu buat di rumah. Tidak perlu khawatir, resep ini sangat mudah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Selain itu, kamu juga bisa menikmati roti manis yang enak dan lezat di rumah sendiri. Yuk, simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat roti manis, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Ragi
1 sachet
Gula pasir
100 gram
Garam
1 sendok teh
Susu cair
200 ml
Putih telur
2 butir
Butter
100 gram
Air
100 ml

Pastikan semua bahan sudah tersedia sebelum memulai membuat roti manis.

Cara Membuat Roti Manis Sederhana

1. Campurkan Bahan-bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi, gula pasir, dan garam ke dalam mangkuk besar. Aduk rata menggunakan sendok atau spatula.

2. Tambahkan Bahan-bahan Cair

Selanjutnya, tambahkan susu cair, putih telur, dan air ke dalam campuran tepung terigu. Aduk rata menggunakan mixer atau mesin adonan. Setelah itu, tambahkan butter dan aduk lagi sampai butter tercampur sempurna.

3. Kneading Adonan

Tuang adonan ke atas permukaan yang bersih dan ratakan. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan mulai melakukan proses pengulenan (kneading). Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit atau sampai adonan menjadi elastis dan tidak lengket di tangan. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bola dan letakkan di dalam mangkuk besar yang telah diolesi dengan minyak.

4. Fermentasi Adonan

Tutup mangkuk dengan serbet atau kain bersih, dan diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat. Ini merupakan proses fermentasi adonan yang penting untuk membuat roti manis yang kenyal dan lezat.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Muatan Inti Sederhana

5. Bentuk Adonan

Setelah adonan mengembang, keluarkan dari mangkuk dan letakkan di permukaan yang telah dialasi dengan tepung terigu. Bagi adonan menjadi beberapa bagian dan bentuk adonan menjadi bulat atau sesuai dengan keinginanmu. Letakkan di atas loyang yang telah diolesi mentega atau dialasi dengan kertas roti.

6. Oven Roti Manis

Panaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit pada suhu 180 derajat Celsius. Setelah itu, masukkan loyang dengan adonan roti ke dalam oven dan panggang selama 20-25 menit atau sampai roti manis matang dan berwarna kecoklatan.

FAQ

1. Kenapa adonan harus diuleni?

Proses pengulenan atau kneading adonan sangat penting untuk membuat roti manis yang kenyal dan lezat. Pada saat diuleni, gluten dalam tepung terigu akan terbentuk sehingga roti manis akan menjadi kenyal dan tidak keras.

2. Apa yang terjadi jika adonan tidak difermentasi?

Jika adonan tidak difermentasi, roti manis tidak akan mengembang dan akan menjadi keras dan tidak enak dikunyah.

3. Kenapa roti manis harus dipanggang dalam oven?

Pada saat dipanggang dalam oven, roti manis akan matang merata dan berwarna kecoklatan. Selain itu, roti manis juga akan lebih kenyal dan lezat jika dipanggang dalam oven.

Kesimpulan

Dari resep sederhana di atas, kamu bisa membuat roti manis enak dan lezat di rumah sendiri. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Roti Manis Sederhana