Cara Buat Roti Bolu Kukus Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang suka roti bolu kukus? Pasti semua suka ya! Tidak hanya rasanya yang enak, membuat roti bolu kukus juga sangat mudah dan praktis. Di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat roti bolu kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat roti bolu kukus, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Telur ayam
5 butir
Essens vanila
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Susu kental manis
100 ml
Air matang
50 ml
Pewarna makanan (opsional)
secukupnya

Dengan menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, kamu akan lebih mudah dalam membuat roti bolu kukus sederhana ini. Selanjutnya, kita akan membahas langkah-langkah membuatnya.

Langkah-Langkah Membuat Roti Bolu Kukus Sederhana

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat roti bolu kukus sederhana:

1. Siapkan Wadah dan Alat

Siapkan wadah yang digunakan untuk adonan dan alat-alat yang dibutuhkan seperti mixer atau pengocok telur, loyang kukus, dan spatula. Pastikan semua alat sudah bersih dan kering sebelum digunakan.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Campurkan tepung terigu dan baking powder pada wadah yang sudah disiapkan. Aduk merata menggunakan spatula.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer atau pengocok telur hingga lembut dan berwarna putih. Tambahkan essens vanila dan susu kental manis, kocok kembali hingga tercampur rata.

4. Masukkan Tepung Terigu Sambil Diaduk

Setelah adonan telur dan gula pasir tercampur rata, masukkan campuran tepung terigu dan baking powder sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak menggumpal.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Label Makanan Sederhana

5. Tambahkan Air

Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Jangan terlalu banyak agar adonan tidak menjadi terlalu cair.

6. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna pada roti bolu kukus, kamu bisa menambahkan pewarna makanan sedikit-sedikit. Aduk rata hingga warna merata.

7. Tuang Adonan ke Loyang Kukus

Setelah adonan tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang kukus yang sudah diolesi margarin atau dioleskan baking sheet. Pastikan adonan tidak terlalu penuh agar tidak tumpah saat dikukus.

8. Kukus Adonan selama 30-45 Menit

Kukus adonan roti bolu selama 30-45 menit atau hingga matang. Tes dengan menusukkan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel maka roti bolu sudah matang.

9. Angkat dan Sajikan

Setelah roti bolu kukus matang, angkat dan biarkan dingin sebentar. Sajikan roti bolu kukus sederhana yang lezat ini untuk sarapan atau camilan sore. Selamat mencoba!

FAQ

1. Bisa Tidak Menggunakan Susu Kental Manis?

Bisa. Susu kental manis digunakan untuk memberikan rasa manis pada roti bolu kukus. Jika tidak ingin menggunakan susu kental manis, kamu bisa menambahkan gula pasir secukupnya.

2. Jika Tidak Punya Pengocok Telur, Bisa Menggunakan Alat Lain?

Bisa. Jika tidak memiliki pengocok telur, kamu bisa menggunakan blender atau mixer tangan untuk mengocok telur dan gula pasir.

3. Bagaimana Cara Mengetahui Kalau Roti Bolu Kukus Sudah Matang?

Kamu bisa mengetahui kalau roti bolu kukus sudah matang dengan cara menusukkan tusuk gigi ke dalam roti bolu. Jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, maka roti bolu sudah matang.

4. Apakah Pewarna Makanan Bisa Diganti dengan Bahan Lain?

Bisa. Jika tidak ingin menggunakan pewarna makanan, kamu bisa menggantinya dengan bahan alami seperti daun pandan, coklat bubuk, atau selai buah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Glodok Lovebird Sederhana

5. Bolehkah Membuat Roti Bolu Kukus Tanpa Baking Powder?

Bisa, namun roti bolu yang dihasilkan mungkin tidak akan mengembang dengan sempurna. Baking powder digunakan untuk memberikan efek kembang pada roti bolu.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai cara membuat roti bolu kukus sederhana. Semoga jawaban-jawaban tersebut bisa membantu kamu dalam membuat roti bolu kukus yang lezat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Roti Bolu Kukus Sederhana