Cara Buat Robot Sederhana yang Bisa Bergerak dengan Low B

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar tentang cara membuat robot sederhana yang bisa bergerak dengan low b. Dengan mengikuti tutorial ini, Sobat Sederhana dapat membangun robot sederhana sendiri dengan mudah dan menyenangkan. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Persiapan

Sebelum memulai membuat robot, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pastikan Sobat Sederhana sudah mempersiapkan:

1
Arduino Uno
2
Motor DC
3
H-Bridge L298N
4
Baterai 9V
5
Kabel jumper
6
Chassis

Dengan semua bahan dan alat yang sudah dipersiapkan, kita bisa mulai merakit robot.

Merakit Robot

Langkah-langkah untuk merakit robot sederhana yang bisa bergerak dengan low b adalah sebagai berikut:

1. Pasang Motor DC ke Chassis

Pertama, pasang motor DC ke chassis dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan motor terpasang dengan kokoh dan stabil.

2. Pasang H-Bridge L298N ke Breadboard

Setelah itu, pasang H-Bridge L298N ke breadboard. Pastikan pin IN1, IN2, IN3, dan IN4 H-Bridge L298N terhubung dengan pin PWM Arduino Uno.

3. Pasang Kabel Jumper

Selanjutnya, pasang kabel jumper untuk menghubungkan H-Bridge L298N dengan motor DC dan baterai 9V.

4. Hubungkan Baterai 9V dengan H-Bridge L298N

Setelah itu, hubungkan baterai 9V dengan H-Bridge L298N. Pastikan polaritas baterai terhubung dengan benar.

5. Hubungkan Arduino Uno dengan H-Bridge L298N

Langkah terakhir adalah menghubungkan Arduino Uno dengan H-Bridge L298N. Pastikan pin IN1, IN2, IN3, dan IN4 Arduino Uno terhubung dengan pin H-Bridge L298N.

Setelah semua langkah selesai dilakukan, Sobat Sederhana sudah berhasil merakit robot sederhana yang bisa bergerak dengan low b.

Coding Arduino Uno

Setelah merakit robot, Sobat Sederhana perlu membuat coding untuk Arduino Uno agar robot bisa bergerak dengan low b. Berikut ini adalah coding Arduino Uno yang perlu dibuat:

int enA = 3;int in1 = 4;int in2 = 5;int enB = 6;int in3 = 7;int in4 = 8;void setup() {pinMode(enA, OUTPUT);pinMode(enB, OUTPUT);pinMode(in1, OUTPUT);pinMode(in2, OUTPUT);pinMode(in3, OUTPUT);pinMode(in4, OUTPUT);}void maju() {digitalWrite(in1, HIGH);digitalWrite(in2, LOW);digitalWrite(in3, HIGH);digitalWrite(in4, LOW);}void mundur() {digitalWrite(in1, LOW);digitalWrite(in2, HIGH);digitalWrite(in3, LOW);digitalWrite(in4, HIGH);}void berhenti() {digitalWrite(in1, LOW);digitalWrite(in2, LOW);digitalWrite(in3, LOW);digitalWrite(in4, LOW);}void loop() {analogWrite(enA, 150);analogWrite(enB, 150);maju();delay(2000);mundur();delay(2000);berhenti();delay(2000);}

Coding Arduino Uno ini akan mengaktifkan motor DC dan membuat robot bergerak maju, mundur, dan berhenti secara bergantian.

TRENDING 🔥  Cara Menyaring Air dengan Sederhana

FAQ

1. Apakah robot ini bisa digunakan untuk tujuan tertentu?

Robot ini hanya bersifat sederhana dan hanya dapat digunakan untuk tujuan hiburan atau belajar tentang teknologi.

2. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat robot ini?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat robot ini berkisar antara Rp 200.000 – Rp 300.000, tergantung dari bahan dan alat yang digunakan.

3. Apakah ada alternatif motor DC yang bisa digunakan?

Ya, ada beberapa alternatif motor DC yang bisa digunakan, seperti motor DC dengan kekuatan yang lebih besar atau motor DC dengan sensor encoder.

4. Bagaimana cara mengotak-atik coding Arduino Uno?

Untuk mengotak-atik coding Arduino Uno, Sobat Sederhana perlu belajar terlebih dahulu tentang bahasa pemrograman C++. Ada banyak referensi dan tutorial yang bisa diakses secara online untuk belajar bahasa pemrograman C++.

5. Apakah robot ini bisa dikendalikan dari jarak jauh?

Tidak, robot ini tidak dilengkapi dengan fitur untuk dikendalikan dari jarak jauh.

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Sobat Sederhana telah belajar tentang cara membuat robot sederhana yang bisa bergerak dengan low b. Dengan bahan dan alat yang mudah didapatkan, serta coding yang sederhana, Sobat Sederhana dapat membuat robot sendiri dengan mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Robot Sederhana yang Bisa Bergerak dengan Low B