Cara Buat Rekal Al Quran Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat rekal Al Quran sederhana. Rekal Al Quran adalah benda penting yang digunakan untuk membaca Al Quran dengan tepat dan nyaman. Dengan membuat rekal Al Quran sendiri, kita dapat menyesuaikan ukuran, bahan, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rekal Al Quran sederhana.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum mulai membuat rekal Al Quran, kita harus mempersiapkan bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Bahan kain yang lembut dan tidak mudah rusak
Jarum dan benang
Kain perca atau kain flanel
Pita pengukur
Kain katun atau bahan serat alami lainnya
Pensil dan kertas untuk membuat pola
Pelapis busa atau gabus
Gunting kain dan gunting kertas

Setelah semua bahan dan alat sudah tersedia, kita dapat mulai membuat pola dan memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

2. Membuat Pola Rekal Al Quran

Langkah pertama dalam membuat rekal Al Quran adalah membuat pola. Pola rekal Al Quran terdiri dari dua bagian, yaitu alas dan sisi-sisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pola rekal Al Quran:

Langkah 1: Siapkan Kertas untuk Membuat Pola

Siapkan selembar kertas yang cukup besar untuk membuat pola. Ukuran kertas sebaiknya lebih besar dari ukuran rekal Al Quran yang akan dibuat.

Langkah 2: Buat Pola Alas

Pertama-tama, buat pola bagian alas dengan mengukur panjang dan lebar Al Quran. Buatlah pola persegi panjang yang ukurannya sama dengan Al Quran. Kemudian, tambahkan beberapa sentimeter pada setiap sisinya untuk sisa jahitan. Gunakan pensil dan pita pengukur untuk membuat pola dengan rapi.

TRENDING 🔥  Ide Cara Membuat Lensa Cembung Sederhana

Langkah 3: Buat Pola Sisi-Sisi

Buat pola sisi-sisi dengan mengukur panjang dan lebar dari bagian atas dan bawah Al Quran. Buatlah pola persegi panjang yang lebih panjang dari bagian atas dan bawah Al Quran. Kemudian, tambahkan beberapa sentimeter pada setiap sisinya untuk sisa jahitan. Gunakan pensil dan pita pengukur untuk membuat pola dengan rapi.

Langkah 4: Potong Kain Sesuai dengan Pola

Gambar pola ke atas kain yang sudah dipilih, kemudian gunakan gunting kain dan potong kain sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Lakukan hal yang sama untuk semua bagian rekal Al Quran.

3. Merakit Rekal Al Quran

Setelah semua bagian rekal Al Quran sudah dipotong, kita dapat mulai merakit rekal Al Quran. Berikut adalah langkah-langkah untuk merakit rekal Al Quran:

Langkah 1: Jahit Bagian Sisi dan Alas

Jahitlah bagian sisi dan alas dengan jarum dan benang. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar rekal Al Quran tidak mudah rusak. Gunakan jahitan yang cukup rapat agar bagian dalam rekal Al Quran tidak terlihat dari luar.

Langkah 2: Masukkan Pelapis Busa atau Gabus

Masukkan pelapis busa atau gabus ke dalam bagian rekal Al Quran yang sudah dijahit. Pastikan pelapis berukuran sama dengan bagian dalam rekal Al Quran. Pelapis busa atau gabus digunakan untuk membuat rekal Al Quran lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

Langkah 3: Jahit Bagian Sisi Tengah

Jahitlah bagian sisi tengah Al Quran dengan jarum dan benang. Bagian sisi tengah ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan Al Quran agar tidak mudah bergeser saat dibaca.

Langkah 4: Tambahkan Dekorasi

Terakhir, tambahkan dekorasi pada rekal Al Quran sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dekorasi dapat berupa hiasan bordir, kancing, atau aksesoris lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Merawat Burung Kacer

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu rekal Al Quran?

Rekal Al Quran adalah benda yang digunakan untuk membaca Al Quran dengan tepat dan nyaman. Rekal Al Quran berfungsi untuk menjaga posisi Al Quran agar tidak bergeser saat dibaca.

2. Mengapa harus membuat rekal Al Quran sendiri?

Dengan membuat rekal Al Quran sendiri, kita dapat menyesuaikan ukuran, bahan, dan desain yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, membuat rekal Al Quran sendiri juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat.

3. Apa bahan yang digunakan untuk membuat rekal Al Quran?

Bahan yang digunakan untuk membuat rekal Al Quran dapat bervariasi, tergantung pada selera dan kebutuhan. Beberapa bahan yang umum digunakan antara lain kain katun, kain flanel, atau bahan serat alami lainnya.

4. Bagaimana cara merawat rekal Al Quran?

Rekal Al Quran sebaiknya dirawat dengan baik agar tahan lama. Setelah digunakan, cuci rekal Al Quran dengan tangan menggunakan sabun lembut dan air dingin. Jangan menggosok atau memeras rekal Al Quran terlalu kuat agar tidak merusak kain dan jahitan. Keringkan rekal Al Quran di tempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari langsung.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Rekal Al Quran Sederhana