Cara Buat Puding Cake Sederhana Rumahan

Halo Sobat Sederhana! Pudding cake adalah salah satu dessert yang populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk disajikan dalam berbagai kesempatan. Namun, mungkin banyak dari Sobat Sederhana yang masih bingung dengan cara membuat pudding cake sederhana rumahan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat puding cake sederhana rumahan yang mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan puding cake, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut.

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Telur ayam
4 butir
Gula pasir
150 gram
Susu cair
200 ml
Margarin
50 gram
Baking powder
1 sendok teh
Essence vanila
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Puding instan
1 bungkus
Air matang
500 ml
Buah-buahan (pisang, stroberi, kiwi, dll)
Secukupnya

Langkah-langkah Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat puding cake sederhana rumahan.

1. Membuat Adonan Pudding

Pertama, Sobat Sederhana perlu membuat adonan pudding. Caranya, siapkan puding instan dan air matang di dalam panci. Aduk hingga merata lalu panaskan dengan api sedang sambil terus diaduk. Setelah mendidih, matikan api.

2. Membuat Adonan Kue

Setelah membuat adonan pudding, selanjutnya adalah membuat adonan kue. Kocok telur dan gula sampai mengembang dengan mixer. Setelah itu masukkan margarin cair, susu cair, essence vanila, dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak bergerindil.

3. Mencampur Adonan Puding dan Adonan Kue

Campurkan adonan pudding dan adonan kue dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Volume RAB Bangunan Sederhana PPT

4. Mengisi Loyang Kue

Siapkan loyang kue dengan diameter 24 cm. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah oven panas, olesi loyang kue dengan margarin dan taburi tepung terigu. Tuangkan adonan kue ke dalam loyang sampai setengah dari tinggi loyang. Kemudian tuangkan adonan pudding di atas adonan kue hingga penuh. Jangan lupa campur adonan agar merata.

5. Memanggang Kue Pudding

Setelah adonan terisi penuh, masukkan loyang kue ke dalam oven dan panggang selama 30-40 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan potong sesuai selera.

FAQ

1. Apakah Puding Cake Sederhana Rumahan Mudah Dibuat?

Tentu saja, puding cake sederhana rumahan sangat mudah dan praktis dibuat. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah didapatkan.

2. Bisakah Puding Cake Disajikan Bersama Buah-buahan?

Tentu saja. Puding cake biasanya disajikan bersama dengan potongan buah-buahan seperti pisang, stroberi, atau kiwi.

3. Bagaimana Cara Membuat Puding Instan?

Untuk membuat puding instan, Sobat Sederhana hanya perlu mencampurkan puding instan dengan air matang. Kemudian rebus dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah itu matikan api dan tunggu hingga dingin.

4. Apakah Puding Cake Sederhana Rumahan Bisa Disimpan di Kulkas?

Ya, puding cake sederhana rumahan bisa disimpan di kulkas selama beberapa hari. Namun, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat agar tidak mudah rusak.

5. Apakah Puding Cake Sederhana Rumahan Cocok untuk dijadikan Oleh-oleh?

Tentu saja. Puding cake sederhana rumahan merupakan salah satu makanan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena mudah dibuat dan rasanya enak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Kering Sederhana Tanpa Oven dan Mixer

Demikianlah panduan lengkap cara membuat puding cake sederhana rumahan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Puding Cake Sederhana Rumahan