Cara Buat Program Biodata Sederhana dengan Visual Studio 2012

Jurnal Program Biodata Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu suka membuat program atau sedang mencoba mempelajari bahasa pemrograman? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat program biodata sederhana dengan menggunakan aplikasi Visual Studio 2012. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Pengenalan tentang Visual Studio 2012

Visual Studio 2012 adalah sebuah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat program berbasis Windows. Aplikasi ini sering digunakan oleh para programmer dalam mengembangkan aplikasi, baik itu dalam bahasa pemrograman C++, C# ataupun Visual Basic.

Di dalam Visual Studio 2012 terdapat banyak fitur yang sangat membantu dalam proses pembuatan program, seperti debugger, intellisense, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga sangat user-friendly sehingga mudah digunakan bahkan bagi pemula sekalipun.

Dalam tutorial ini, kita akan fokus pada pembuatan program biodata sederhana menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic di dalam aplikasi Visual Studio 2012.

Langkah-Langkah Membuat Program Biodata Sederhana

1. Membuat Project Baru di Visual Studio 2012

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat project baru di dalam aplikasi Visual Studio 2012. Caranya sangat mudah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Visual Studio 2012 di dalam komputer kamu.
  2. Pilih menu File > New > Project.
  3. Akan muncul jendela baru, pilih Visual Basic di bagian kiri jendela.
  4. Pilih Windows Forms Application di bagian kanan jendela.
  5. Beri nama projectmu dan tentukan lokasi penyimpanan file di komputermu.
  6. Klik tombol Create untuk membuat project baru.

Setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, maka akan muncul sebuah form kosong di aplikasi Visual Studio 2012. Di dalam form inilah kita akan membuat tampilan program biodata sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Merawat Diri

2. Membuat Tampilan Program Biodata Sederhana

Selanjutnya, kita akan membuat tampilan program biodata sederhana dengan menggunakan elemen-elemen seperti Label, TextBox, dan Button. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih Toolbox di bagian kanan aplikasi Visual Studio 2012.
  2. Pilih elemen Label dan TextBox untuk menampilkan nama, alamat, dan nomor telepon.
  3. Pilih elemen Button untuk menampilkan tombol Submit.
  4. Tarik dan letakkan elemen-elemen tersebut di dalam form di aplikasi Visual Studio 2012.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka tampilan program biodata sederhana sudah berhasil dibuat. Kamu juga bisa menambahkan elemen lainnya seperti CheckBox, RadioButton, dan lain-lain.

3. Menambahkan Kode Program

Terakhir, kita akan menambahkan kode program di dalam tampilan program biodata sederhana. Kode program ini akan berfungsi untuk mengambil data yang diinputkan oleh user di dalam form tadi, dan menampilkannya kembali ke layar komputer.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Double-click pada elemen Button yang tadi kamu tambahkan.
  2. Akan muncul jendela baru, dan kamu bisa menambahkan kode program di sana.
  3. Gunakan bahasa pemrograman Visual Basic untuk menambahkan kode program. Contohnya seperti di bawah ini:
  4. Kode Program
    Private Sub Button1_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles Button1.Click
    MsgBox(“Nama: ” & TextBox1.Text & vbNewLine & “Alamat: ” & TextBox2.Text & vbNewLine & “Nomor Telepon: ” & TextBox3.Text)
    End Sub

Setelah kamu menambahkan kode program di atas, maka program biodata sederhana sudah berhasil dibuat dan siap untuk dijalankan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Visual Studio 2012 gratis?

Visual Studio 2012 memiliki dua jenis lisensi, yaitu lisensi komersial dan lisensi gratis. Versi gratisnya disebut Visual Studio Express, yang bisa diunduh langsung dari situs resmi Microsoft.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Uji Kesuburan Tanah Sederhana

2. Apakah Visual Basic sulit dipelajari?

Tidak, Visual Basic termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, terutama bagi pemula. Selain itu, aplikasi Visual Studio 2012 juga sangat user-friendly sehingga memudahkan kamu dalam proses pembelajaran.

3. Apakah program yang dibuat dengan Visual Studio 2012 hanya bisa dijalankan di Windows?

Ya, program yang dibuat dengan Visual Studio 2012 hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows. Namun, ada juga aplikasi yang bisa dijalankan di platform lain dengan menggunakan bantuan emulator atau virtual machine.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Program Biodata Sederhana dengan Visual Studio 2012