Cara Buat Pompa Beckam Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat pompa beckam sendiri dengan mudah. Pompa beckam merupakan alat yang digunakan untuk menyedot atau mengeluarkan air. Pompa ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air di rumah, kebun, atau sawah. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat pompa beckam sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan. Mari kita mulai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pompa beckam, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan, di antaranya:

Nama Bahan
Jumlah
Pipa PVC
1 buah
Selang PVC
1 meter
Kran
1 buah
Engsel pintu kecil
1 buah
Plat baja
1 buah
Baut dan mur
Sesuai kebutuhan

Dengan bahan-bahan tersebut, kita dapat mulai membuat pompa beckam sederhana dengan langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah Membuat Pompa Beckam Sederhana

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa beckam sederhana. Pastikan semua bahan dan alat telah tersedia dan dalam kondisi baik. Jangan lupa untuk mempersiapkan alat-alat seperti gergaji, bor, dan obeng.

2. Potong Pipa PVC Menjadi Tiga Bagian

Potong pipa PVC menjadi tiga bagian dengan ukuran yang sama, yaitu sekitar 20 cm untuk setiap bagiannya. Gunakan gergaji atau gunting pipa untuk memotong pipa dengan rapi dan presisi. Setelah dipotong, bersihkan bagian dalam dan luar pipa dari sisa-sisa serpihan dengan kain lap.

3. Sambungkan Tiga Potongan Pipa PVC dengan Kran

Sambungkan tiga potongan pipa PVC yang telah dipotong dengan kran. Pasang kran di bagian tengah pipa dengan cara membelah pipa menggunakan gergaji dan menyambungkannya dengan kran. Pastikan sambungan kran di kedua sisi pipa kencang dan rapat agar tidak bocor.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Proses Daur Ulang Emas dari Limbah Elektronik

4. Pasang Selang PVC pada Ujung Pipa

Pasang selang PVC pada ujung pipa yang tidak terpasang kran. Potong selang dengan panjang sekitar 1 meter, kemudian pasang pada ujung pipa yang kosong. Gunakan klem selang atau perekat PVC agar selang tidak mudah lepas dan bocor.

5. Buat Penopang Pompa

Buat penopang pompa dengan menggunakan plat baja dan engsel pintu kecil. Potong plat baja dengan ukuran 15 cm x 15 cm atau sesuai kebutuhan. Kemudian, pasang engsel pintu kecil pada salah satu sisi plat baja. Lubangi plat baja dan engsel pintu kecil dengan bor, lalu pasang dengan baut dan mur.

6. Pasang Pompa Beckam pada Penopang

Pasang pompa beckam pada penopang yang telah dibuat. Letakkan pompa pada tengah-tengah plat baja dan engsel pintu kecil, kemudian kencangkan dengan baut dan mur. Pastikan pompa dalam posisi yang stabil dan tidak bergoyang-goyang.

7. Test Pompa Beckam

Setelah semua tahapan selesai, test pompa beckam untuk memastikan bahwa pompa bekerja dengan baik dan tidak bocor. Pasang selang pompa ke dalam air dan nyalakan kran. Pompa beckam akan bekerja dan menyedot air dari dalam selang.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa yang Dimaksud dengan Pompa Beckam?

Pompa beckam merupakan alat yang digunakan untuk menyedot atau mengeluarkan air. Alat ini sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan air di rumah, kebun, atau sawah.

Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Pompa Beckam?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa beckam antara lain pipa PVC, selang PVC, kran, engsel pintu kecil, plat baja, dan baut serta mur.

Apakah Sulit Membuat Pompa Beckam?

Proses pembuatan pompa beckam cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, pompa beckam dapat dibuat dengan mudah di rumah.

TRENDING 🔥  Cara Membaca Hasil Regresi Linear Sederhana untuk Sobat Sederhana

Untuk Apa Saja Pompa Beckam Digunakan?

Pompa beckam digunakan untuk memenuhi kebutuhan air, seperti untuk mengairi kebun, sawah, dan rumah tangga. Alat ini juga dapat digunakan untuk mengecek debit air pada sungai atau sumur.

Bagaimana Cara Membersihkan Pompa Beckam?

Untuk membersihkan pompa beckam, lepaskan selang dan kran terlebih dahulu. Bersihkan bagian dalam dan luar pipa dengan kain lap agar tidak ada sisa-sisa kotoran. Pastikan pompa dalam keadaan kering sebelum disimpan di tempat yang aman.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Demikianlah artikel tentang cara membuat pompa beckam sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan dan alat yang mudah ditemukan serta langkah-langkah yang mudah diikuti, Sobat Sederhana dapat membuat pompa beckam sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Pompa Beckam Sederhana