Cara Buat Pompa Angin Sederhana

Sobat Sederhana, apakah kalian pernah mengalami keadaan darurat di mana ban sepeda atau ban mobil bocor dan pompa angin tidak tersedia?

Untuk mengatasi situasi seperti ini, sobat sederhana bisa mencoba membuat pompa angin sederhana sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut adalah cara membuat pompa angin sederhana.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Pertama-tama, sobat sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Botol plastik bekas
1 buah
Sebuah selang plastik
1 buah
Perekat kuat
secukupnya
Pisau atau gunting
1 buah

Langkah-langkah Membuat Pompa Angin Sederhana

Berikut adalah cara membuat pompa angin sederhana:

1. Potong Bagian Bawah Botol Plastik

Pertama-tama, sobat sederhana harus memotong bagian bawah botol plastik menggunakan pisau atau gunting. Pastikan permukaannya rata dan tidak kasar.

2. Pasang Selang Plastik pada Tutup Botol

Selanjutnya, sobat sederhana harus memasang selang plastik pada tutup botol. Pastikan selang tersebut cukup panjang dan tidak longgar. Gunakan perekat kuat untuk menempelkan selang pada tutup botol agar menutup rapat.

3. Pasang Tutup Botol pada Bagian Atas Botol Plastik

Sobat sederhana harus memasang tutup botol pada bagian atas botol plastik setelah selang terpasang dengan rapat pada tutup botol. Gunakan perekat kuat untuk menempelkannya dengan kuat dan rapat.

4. Siap Digunakan sebagai Pompa Angin Sederhana

Sekarang, sobat sederhana sudah memiliki pompa angin sederhana yang siap digunakan. Caranya adalah dengan memasukkan ujung selang pada lubang valve ban dan meniup bagian atas botol plastik untuk mengembangkan udara ke dalam ban.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah botol plastik bekas yang digunakan harus berukuran besar?

Tidak. Botol plastik bekas dengan ukuran yang lebih kecil juga bisa digunakan untuk membuat pompa angin sederhana ini. Namun, pastikan ukuran selang plastik yang digunakan sesuai dengan ukuran botol plastik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Animasi Sederhana dengan Adobe Flash C3

2. Apakah pompa angin sederhana ini bisa digunakan untuk mengisi angin pada ban mobil?

Sayangnya, pompa angin sederhana ini tidak begitu efektif digunakan untuk mengisi angin pada ban mobil karena kapasitasnya yang kecil dan proses pengisian yang lebih lambat.

3. Apakah bahan-bahan yang diperlukan sulit didapatkan?

Tidak. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pompa angin sederhana ini sangat mudah didapatkan di sekitar kita seperti botol plastik bekas dan selang plastik.

4. Apakah pompa angin sederhana ini aman digunakan?

Iya. Pompa angin sederhana ini cukup aman digunakan selama digunakan dengan benar dan tidak dilakukan kekerasan saat meniup bagian atas botol plastik. Jangan lupa untuk selalu membersihkan pompa angin sederhana sebelum dan setelah digunakan.

Penutup

Sobat sederhana, itulah cara membuat pompa angin sederhana yang mudah dan murah. Dengan keterampilan sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, sobat sederhana bisa mengatasi situasi darurat saat ban sepeda atau ban mobil bocor. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Pompa Angin Sederhana