Cara Buat Pompa Air Mini Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini saya akan membahas cara membuat pompa air mini sederhana dengan mudah dan praktis. Pompa air mini sederhana ini sangat cocok untuk digunakan di rumah, terutama untuk menyiram tanaman atau mengalirkan air ke bak mandi atau tempat cuci.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Untuk membuat pompa air mini sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Botol Plastik Bekas
1 Buah
Selang Plastik
2 Meter
Pipa PVC
20 Cm
Valve besi
1 Buah
Terpal Plastik
1 Buah
Perekat Pipa PVC
Secukupnya
Perekat Selang Plastik
Secukupnya
Sekrup
Secukupnya
Alat Pemotong Pipa dan Selang
1 Set

Dengan menyiapkan semua bahan tersebut, Sobat Sederhana sudah siap memulai membuat pompa air mini sederhana.

2. Membuat Bagian Bawah Pompa

Langkah pertama adalah membuat bagian bawah pompa. Caranya adalah dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

2.1. Mempersiapkan Botol Plastik Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu mempersiapkan botol plastik bekas yang akan digunakan sebagai dasar pompa air mini. Botol bekas tersebut harus dicuci bersih dan diberikan lubang pada bagian tutupnya.

2.2. Memasang Pipa PVC

Setelah itu, Sobat Sederhana memasang pipa PVC pada tutup botol plastik bekas tersebut. Pipa PVC tersebut harus digunakan sebagai jalur masuk air. Sobat Sederhana perlu memotong pipa PVC agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan dihubungkan dengan botol menggunakan perekat pipa PVC.

2.3. Memasang Valve Besi

Langkah selanjutnya adalah memasang valve besi pada pipa PVC untuk mengatur aliran air. Sobat Sederhana hanya perlu memasang valve besi pada pipa PVC dan mengencangkan dengan sekrup.

3. Membuat Bagian Atas Pompa

Setelah membuat bagian bawah pompa, selanjutnya Sobat Sederhana perlu membuat bagian atas pompa. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

TRENDING 🔥  Cara Menghias Kue Tar Sederhana

3.1. Membuat Lubang pada Tutup Botol

Sobat Sederhana perlu membuat lubang pada tutup botol plastik bekas di bagian tengah. Lubang tersebut nantinya akan menjadi tempat keluar air.

3.2. Memasang Selang Plastik

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu memasang selang plastik pada tutup botol plastik bekas tersebut. Selang tersebut harus dihubungkan dengan pipa PVC pada bagian bawah pompa. Setelah itu, Sobat Sederhana perlu memotong selang plastik agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan menempelkan pada tutup botol menggunakan perekat selang plastik.

3.3. Memasang Terpal Plastik

Setelah memasang selang plastik, Sobat Sederhana perlu memasang terpal plastik di atas tutup botol plastik bekas. Terpal tersebut harus diberi lubang pada bagian tengah agar air dapat keluar. Terpal plastik dapat diikat dengan sekrup pada bagian tepinya.

4. Merakit Pompa Air Mini Sederhana

Setelah membuat kedua bagian pompa, Sobat Sederhana sudah siap merakit pompa air mini sederhana dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

4.1. Memasang Bagian Atas dan Bawah Pompa

Sobat Sederhana perlu memasang bagian atas dan bawah pompa dengan mengencangkan sekrup pada bagian tepinya.

4.2. Memasang Selang Plastik

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu memasang selang plastik pada bagian atas pompa. Selang tersebut harus dihubungkan dengan lubang pada terpal plastik di bagian atas pompa.

4.3. Tes Pompa Air Mini Sederhana

Setelah merakit pompa air mini sederhana, Sobat Sederhana perlu melakukan tes untuk memastikan pompa bekerja dengan baik. Tes dapat dilakukan dengan memasukkan air ke dalam botol plastik bekas dan mencoba memompa air keluar dengan menutup dan membuka valve besi.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa kelebihan dari pompa air mini sederhana ini?

Pompa air mini sederhana ini mudah dibuat dan menggunakan bahan yang murah dan mudah didapatkan. Selain itu, pompa air ini juga sangat praktis digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

TRENDING 🔥  Cara Baca Hasil Regresi Liner Sederhana pada SPSS 23 - Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

2. Apakah pompa air mini sederhana ini efektif untuk memompa air ke ketinggian yang tinggi?

Tinggi maksimal yang dapat dicapai oleh pompa air mini ini tergantung pada kekuatan daya yang digunakan saat memompa air.

3. Berapa harga bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pompa air mini sederhana?

Harga bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pompa air mini sederhana ini bervariasi tergantung pada lokasi dan tempat membeli bahan-bahan tersebut. Namun, secara umum harga bahan-bahan tersebut cukup terjangkau.

4. Apakah pompa air mini sederhana ini membutuhkan tenaga listrik untuk bekerja?

Tidak, pompa air mini sederhana ini tidak membutuhkan tenaga listrik untuk bekerja. Pompa ini menggunakan tenaga manusia untuk memompa air keluar.

5. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat pompa air mini sederhana tidaklah sulit. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana sudah bisa membuat pompa air mini sederhana yang praktis dan mudah digunakan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Pompa Air Mini Sederhana