Cara Buat Pisang Pasir Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pisang pasir sederhana. Pisang pasir adalah salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat, rasanya yang gurih dan renyah membuat pisang pasir menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati di setiap kesempatan. Yuk simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pisang pasir, pastikan terlebih dahulu bahwa semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Pisang tanduk matang
6 buah
Tepung terigu
200 gram
Tepung beras
50 gram
Gula pasir
100 gram
Garam
1/4 sendok teh
Santan kental
300 ml
Air daun pandan
500 ml
Minyak goreng
Secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai memasak pisang pasir.

Cara Membuat Pisang Pasir Sederhana

1. Siapkan Pisang Tanduk

Pertama-tama, kupas kulit pisang tanduk dan potong-potong sesuai dengan selera. Kemudian, rendam potongan pisang ke dalam air daun pandan selama beberapa menit.

2. Campur Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan garam ke dalam wadah. Aduk rata sampai semua bahan tercampur sempurna.

3. Tambahkan Santan Kental

Tuang santan kental ke dalam wadah yang sudah berisi bahan kering tadi. Aduk rata dengan menggunakan whisk atau sendok kayu. Pastikan tidak ada adonan yang menggumpal.

4. Goreng Pisang

Panaskan minyak goreng di dalam wajan dengan api sedang. Ambil satu potongan pisang, celupkan ke dalam adonan, dan goreng hingga matang dan berwarna keemasan. Lakukan hal yang sama pada potongan pisang yang lain.

5. Angkat Pisang

Setelah pisang matang dan berwarna keemasan, angkat dari minyak menggunakan skimmer. Tiriskan pisang dari minyak dan biarkan dingin sejenak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Milk Bath Sederhana

6. Sajikan Pisang Pasir

Setelah dingin, pisang pasir siap disajikan. Sajikan pada wadah yang bersih dan kering. Pisang pasir siap dinikmati sebagai camilan atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa itu pisang pasir?

Pisang pasir adalah makanan ringan yang terbuat dari pisang dan adonan tepung terigu, tepung beras, gula pasir, dan santan. Pisang pasir memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Berapa lama pisang pasir bisa disimpan?

Pisang pasir bisa disimpan dalam wadah yang kedap udara selama 2-3 hari. Pastikan tidak terkena lembab atau terkena sinar matahari langsung.

Bisakah pisang tanduk diganti dengan pisang lain?

Bisa, namun hasil akhir dan rasa bisa sedikit berbeda. Pisang raja atau pisang kepok bisa menjadi alternatif bagi yang tidak suka dengan pisang tanduk.

Apa yang harus dilakukan jika adonan terlalu kental atau terlalu encer?

Jika adonan terlalu kental, bisa menambahkan sedikit santan atau air daun pandan. Sedangkan jika adonan terlalu encer, bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga adonan mencapai konsistensi yang tepat.

Bisakah pisang pasir dibuat dalam jumlah yang lebih banyak?

Bisa, namun pastikan untuk menyesuaikan jumlah bahan dengan jumlah pisang yang akan digunakan. Jangan membentuk adonan terlalu banyak agar adonan tidak cepat menjadi keras.

Penutup

Semoga artikel tentang cara membuat pisang pasir sederhana ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat camilan yang satu ini. Jangan lupa berbagi resep ini dengan teman dan keluarga. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Pisang Pasir Sederhana