Cara Buat Periskop Sederhana dari Karton

Hello Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat periskop sederhana dari karton. Periskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang sulit dijangkau atau terletak di tempat yang sulit diakses. Membuat periskop sendiri bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan edukatif, karena kita bisa mempelajari prinsip-prinsip dasar optik.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat periskop, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Alat
Bahan
Gunting
Karton
Pita perekat
Kertas lakmus merah dan biru
Penggaris
Lem
Pensil

Langkah-langkah Membuat Periskop Sederhana dari Karton

1. Potong Karton

Pertama-tama, potong 2 lembar karton dengan ukuran yang sama, sekitar 10 x 15 cm.

2. Gambar dan Potong Cermin

Gambar persegi dengan sisi sekitar 3 cm pada salah satu potongan karton. Potong gambar tersebut dan letakkan di samping. Kemudian, gambar persegi yang sama di potongan karton lainnya dan potong juga.

Setelah itu, gambar persegi dengan sisi sekitar 2 cm pada kertas lakmus biru dan merah. Potong gambar tersebut dan tempelkan pada kedua sisi cermin yang sudah dipotong sebelumnya, dengan warna merah di satu sisi dan biru di sisi lainnya.

3. Lipat Karton

Lipat kedua potongan karton menjadi bentuk segitiga dengan sudut 45 derajat. Letakkan salah satu potongan karton di atas meja dan tempelkan cermin pada salah satu sisi potongan karton tersebut, dengan kertas lakmus menghadap ke dalam.

Setelah itu, tempelkan potongan karton yang lain pada sisi cermin yang lainnya, sehingga membentuk sebuah tabung. Pastikan kedua potongan karton saling berhadapan dan cermin saling berhadapan pula.

TRENDING 🔥  Jihan Audy Sederhana Caraku Mencintaimu: Tips Menarik untuk Mengungkapkan Cinta

4. Tutup Ujung Karton

Tutup ujung karton dengan potongan karton kecil yang sudah dipotong sebelumnya. Tempelkan potongan karton kecil tersebut pada ujung karton yang masih terbuka.

5. Selesai

Periskop sederhana dari karton sudah selesai dibuat. Kita sudah bisa menggunakannya untuk melihat objek yang sulit dijangkau.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa fungsi periskop?

Periskop digunakan untuk melihat objek yang sulit dijangkau atau terletak di tempat yang sulit diakses. Contohnya, periskop digunakan di kapal selam untuk melihat permukaan air dari dalam kapal selam.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat periskop sederhana dari karton?

Kita membutuhkan karton, kertas lakmus biru dan merah, gunting, pita perekat, penggaris, lem, dan pensil.

3. Apakah periskop sederhana dari karton bisa digunakan untuk melihat objek dengan jarak yang jauh?

Tidak, periskop sederhana dari karton hanya bisa digunakan untuk melihat objek dengan jarak yang dekat.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat periskop sederhana dari karton. Dengan membuat periskop sendiri, kita bisa mempelajari prinsip-prinsip dasar optik dan memiliki alat yang berguna untuk melihat objek yang sulit dijangkau. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Periskop Sederhana dari Karton