Cara Buat Pepes Ikan Tuna Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana yang sudah berkunjung ke artikel ini! Siapa yang suka makan ikan? Salah satu cara mengolah ikan yang bisa dicoba adalah dengan membuat pepes ikan tuna sederhana. Selain mudah dan cepat, rasanya juga enak dan sehat. Nah, untuk Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pepes ikan tuna sendiri di rumah, simak ulasan berikut ini ya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, ada baiknya Sobat Sederhana menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ikan tuna
500 gram
Bawang merah
5 butir
Bawang putih
3 siung
Cabe merah
5 buah
Cabe rawit
3 buah
Kemiri
3 butir
Jahe
2 cm
Lemongrass
1 batang
Daun salam
3 lembar
Daun jeruk purut
3 lembar
Garam
secukupnya
Gula pasir
secukupnya
Air jeruk nipis
1 sendok makan
Air matang
secukupnya
Daun pisang
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, maka Sobat Sederhana siap untuk memulai proses pembuatan pepes ikan tuna sederhana.

Langkah-langkah pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan pepes ikan tuna sederhana:

1. Siapkan ikan tuna

Pertama-tama, bersihkan ikan tuna dan potong-potong sesuai selera. Kemudian, beri air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.

2. Haluskan bumbu

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, dan jahe menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan.

3. Tumis bumbu

Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk purut, dan serai hingga harum dan matang.

4. Masukkan ikan tuna

Tambahkan potongan ikan tuna ke dalam tumisan bumbu dan aduk rata. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Masak hingga ikan matang dan bumbu meresap sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Menggunakan HTML dan CSS

5. Bungkus dengan daun pisang

Ambil selembar daun pisang dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Letakkan sebagian ikan tuna dan bumbunya di atas daun pisang, lalu tutup dengan daun pisang yang lain. Ulangi hingga semua ikan tuna habis.

6. Kukus pepes

Kukus pepes ikan tuna selama 30-45 menit atau sampai matang. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pepes ikan tuna sederhana?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pepes ikan tuna sederhana antara lain ikan tuna, bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, jahe, lemongrass, daun salam, daun jeruk purut, garam, gula pasir, air jeruk nipis, air matang, dan daun pisang.

2. Apa yang harus dilakukan sebelum memasak ikan tuna?

Sebelum memasak ikan tuna, sebaiknya diberi air jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit agar ikan tidak berbau amis.

3. Bagaimana cara membuat bumbu pepes?

Bumbu pepes terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, kemiri, dan jahe yang dihaluskan menggunakan blender atau cobek. Tambahkan sedikit air agar lebih mudah dihaluskan.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pepes ikan tuna sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pepes ikan tuna sederhana sekitar 1-2 jam, tergantung dari jumlah ikan tuna dan keahlian memasak masing-masing.

5. Apakah pepes ikan tuna sederhana sehat?

Ya, pepes ikan tuna sederhana sangat sehat karena mengandung protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan juga sangat alami dan tidak mengandung bahan pengawet.

Penutup

Nah, itu dia cara buat pepes ikan tuna sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk di share resep ini ya 🙂 Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Resep Makanan Sederhana dengan Cara Pembuatannya Dipanggang

Cara Buat Pepes Ikan Tuna Sederhana