Cara Buat Pempek Panggang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu suka dengan masakan khas Palembang yang satu ini? Ya, Pempek Panggang! Pempek Panggang adalah salah satu hidangan yang sangat populer di Indonesia, terutama di Palembang. Namun, tidak banyak orang yang tahu cara membuatnya sendiri di rumah. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat Pempek Panggang yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan di rumah.

Pendahuluan

Sebelum memasuki tahap pembuatan Pempek Panggang, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Yang pertama adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Yang kedua adalah peralatan yang diperlukan. Dan yang ketiga adalah tahap-tahap pembuatan Pempek Panggang itu sendiri. Nah, langsung saja kita mulai pembahasan kita kali ini.

Bahan-bahan

Bahan
Jumlah
Tepung sagu
250 gr
Tepung terigu
100 gr
Ikan tenggiri fillet, blender halus
250 gr
Bawang putih, haluskan
2 siung
Garam
secukupnya

Untuk bahan-bahan di atas, kamu bisa membelinya di pasar atau toko bahan makanan terdekat dari rumahmu. Pastikan memilih bahan yang segar dan berkualitas baik. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti ebi, udang, atau ayam.

Peralatan

Sebelum mulai membuat Pempek Panggang, pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Berikut adalah peralatan yang harus kamu siapkan:

  • Wadah besar untuk adonan
  • Blender untuk menghaluskan ikan tenggiri fillet
  • Mangkuk kecil untuk mencampurkan bawang putih dan garam
  • Sendok takar
  • Garpu
  • Plat atau loyang untuk pempek panggang

Tahap Pembuatan

Berikut adalah tahap-tahap pembuatan Pempek Panggang yang sederhana:

1. Siapkan adonan

Pertama-tama, siapkan wadah besar untuk adonan. Campurkan tepung sagu dan tepung terigu secara merata. Tambahkan ikan tenggiri fillet yang sudah dihaluskan, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan garam secukupnya. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Sederhana Caraku Mencintaimu: Cara Sederhana dalam Mengekspresikan Cinta

2. Bentuk adonan

Setelah adonan tercampur dengan baik, ambil satu sendok takar adonan dan bentuk bulat-bulat seperti bola pingpong. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lain sampai habis.

3. Panggang adonan

Setelah adonan sudah dibentuk, panggang adonan di atas loyang atau plat yang sudah diolesi minyak. Panggang adonan di dalam oven selama 20-25 menit atau sampai matang. Pempek Panggang sudah siap disajikan.

FAQ

1. Apakah Pempek Panggang lebih sehat daripada Pempek Goreng?

Ya, Pempek Panggang lebih sehat daripada Pempek Goreng. Karena Pempek Panggang tidak digoreng, sehingga tidak banyak menyerap minyak saat dimasak.

2. Apakah saya bisa mengganti ikan tenggiri fillet dengan ikan yang lain?

Ya, kamu bisa mengganti ikan tenggiri fillet dengan ikan yang lain sesuai dengan selera. Namun, ikan tenggiri fillet adalah jenis ikan yang paling umum digunakan untuk membuat Pempek Panggang.

3. Berapa lama Pempek Panggang bisa disimpan?

Pempek Panggang bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan Pempek Panggang sudah dingin sebelum disimpan di dalam kulkas.

Kesimpulan

Itulah cara membuat Pempek Panggang yang sederhana dan mudah untuk dipraktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Pempek Panggang Sederhana