Cara Buat Panekuk Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan panekuk? Makanan yang satu ini sangat populer di seluruh dunia dan menjadi favorit banyak orang. Ada berbagai jenis panekuk mulai dari yang manis hingga yang gurih. Namun, kali ini kita akan belajar cara membuat panekuk sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak tutorialnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat panekuk:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
1 1/2 cup
Gula pasir
2 sendok makan
Baking powder
3 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Telur ayam
2 butir
Susu cair
1 1/2 cup
Mentega cair
2 sendok makan
Vanili ekstrak
1/2 sendok teh

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang waktunya memulai langkah-langkah pembuatan panekuk sederhana.

Langkah-Langkah

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk sampai semua bahan tercampur sempurna.

2. Campurkan Bahan Basah

Setelah itu, campurkan susu cair, telur ayam, mentega cair, dan vanili ekstrak dalam mangkuk terpisah. Aduk rata menggunakan whisk atau mixer listrik sampai semua bahan tercampur sempurna.

3. Gabungkan Bahan Kering dan Basah

Selanjutnya, tuangkan campuran bahan basah ke dalam mangkuk bahan kering sedikit-sedikit sambil terus diaduk. Aduk hingga adonan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan. Pastikan kamu mengaduk secara perlahan agar adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

4. Panaskan Wajan

Setelah adonan tercampur sempurna, sekarang saatnya memanaskan wajan. Panaskan wajan dengan api sedang dan tunggu sampai wajan benar-benar panas. Kamu bisa menambahkan sedikit mentega atau minyak sayur untuk menghindari panekuk lengket.

TRENDING 🔥  Menikah dengan Cara Sederhana

5. Tuang Adonan ke dalam Wajan

Sekarang waktunya menuangkan adonan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Tuang adonan secukupnya sesuai dengan ukuran wajan. Biarkan adonan menyebar dengan sendirinya dan tunggu sampai permukaannya berbuih dan mulai mengering.

6. Balik Panekuk

Setelah permukaannya berbuih dan mulai mengering, sekarang waktu yang tepat untuk membalik panekuk. Gunakan spatula atau sendok besar untuk membalik panekuk dengan hati-hati. Tunggu sampai kedua sisinya matang sempurna dan angkat dari wajan.

7. Sajikan Panekuk Sederhana

Panekuk sederhana siap disajikan! Kamu bisa menambahkan topping sesuai dengan selera, seperti madu, gula bubuk, buah-buahan, atau maple syrup. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah panekuk gluten-free?

Tidak, panekuk biasanya terbuat dari tepung terigu dan mengandung gluten.

2. Bisakah saya menggunakan susu almond atau susu kedelai?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan susu alternatif jika intoleran terhadap susu sapi.

3. Berapa lama penyimpanan panekuk?

Kamu bisa menyimpan panekuk dalam freezer selama 2-3 minggu. Jangan lupa membungkusnya dengan rapat menggunakan plastik wrap atau kantung freezer agar tidak terkontaminasi oleh udara dan aroma makanan lain.

4. Bisakah saya membuat panekuk tanpa telur?

Bisa, kamu bisa menggunakan bahan pengganti telur seperti pisang, chia seeds, atau telur ayam palsu (egg replacer).

5. Bisakah saya membuat panekuk dengan bahan yang lebih sehat?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan tepung kedelai atau tepung almond sebagai pengganti tepung terigu. Kamu juga bisa mengurangi jumlah gula dan mentega atau menggantinya dengan bahan yang lebih sehat seperti madu atau minyak kelapa.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Panekuk Sederhana