Cara Membuat Nugget Tempe Sederhana

Hallo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan makanan yang lezat dan sehat? Nugget tempe adalah salah satu makanan yang dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Nugget tempe mudah dibuat dan cocok untuk disajikan sebagai camilan atau makanan pendamping. Berikut adalah cara membuat nugget tempe sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

1. Persiapan Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat nugget tempe, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Sawi hijau
100 gram
Wortel
1 buah
Bawang putih
3 siung
Bawang merah
2 siung
Tepung terigu
100 gram
Telur ayam
2 butir
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Air matang
250 ml

Pastikan semua bahan sudah tersedia dan diukur dengan benar sehingga hasilnya bisa maksimal.

2. Memasak Tempe dan Sayuran

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah memasak tempe dan sayuran. Pertama-tama, bersihkan tempe dan potong menjadi beberapa bagian kecil. Kemudian, rebus tempe dalam air mendidih selama sekitar 10-15 menit atau sampai empuk dan matang.

Selanjutnya, bersihkan sawi hijau dan potong-potong wortel menjadi dadu kecil. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, lalu masukkan sawi hijau dan wortel. Tambahkan sedikit air dan garam secukupnya, aduk hingga sayuran matang.

3. Membuat Adonan Nugget

Setelah tempe dan sayuran matang dan dingin, potong-potong kecil tempe dan sayuran lalu masukkan ke dalam blender. Tambahkan tepung terigu, telur, garam, dan merica, lalu blend hingga halus dan tercampur rata.

4. Membentuk Nugget

Langkah terakhir adalah membentuk adonan nugget menjadi bentuk yang diinginkan. Ambil sedikit adonan dan bentuk bulat atau lonjong. Ukuran dan bentuk dapat disesuaikan dengan selera.

TRENDING 🔥  Buatlah Algoritma Sederhana tentang Cara Menyalakan Sebuah Komputer

Setelah adonan terbentuk, goreng nugget tempe dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan nugget pada kertas minyak atau tisu dapur untuk menghilangkan sisa minyak.

FAQ

1. Bisa tidak nugget tempe dijadikan bekal sekolah atau kerja?

Ya, nugget tempe bisa menjadi pilihan yang baik sebagai bekal karena mudah dibawa dan bisa dinikmati sebagai camilan atau makanan pendamping.

2. Apakah nugget tempe bisa dijadikan alternatif pengganti daging?

Tentu saja, nugget tempe kaya akan protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu bisa mencoba mengganti daging dengan nugget tempe sebagai pilihan yang sehat dan enak.

3. Apakah nugget tempe bisa disimpan dalam freezer?

Ya, kamu bisa menyimpan nugget tempe dalam freezer agar lebih tahan lama. Pastikan nugget sudah matang dan dingin sebelum disimpan dalam freezer. Untuk memanaskannya, kamu bisa menggoreng atau memanggang dalam oven suhu rendah.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat nugget tempe sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Nugget tempe adalah pilihan makanan yang sehat dan lezat, cocok disajikan sebagai camilan atau makanan pendamping. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk kamu, Sobat Sederhana! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Nugget Tempe Sederhana