Cara Buat Nugget Sayur Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat nugget sayur yang sederhana dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Nugget sayur menjadi salah satu alternatif makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat nugget sayur sederhana ini cukup mudah didapatkan di pasar atau toko bahan makanan terdekat.

Bahan
Jumlah
Wortel
2 buah
Kentang
2 buah
Kol
100 gram
Bawang putih
3 siung
Tepung terigu
2 sendok makan
Tepung roti
3 sendok makan
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Minyak sayur
secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat nugget sayur sederhana.

1. Potong dan Parut Sayur

Potong wortel, kentang, dan kol kecil-kecil atau Anda bisa memarut ketiga sayuran tersebut. Hal ini dilakukan agar sayuran mudah diolah dan teksturnya menjadi lebih halus pada saat dimasak.

2. Tumis Bahan-Bahan

Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sayur hingga harum. Masukkan wortel, kentang, dan kol ke dalam wajan, lalu aduk rata. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Masak hingga sayuran matang.

3. Campurkan Tepung Terigu

Setelah sayuran matang, campurkan tepung terigu ke dalam wajan. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Biarkan Dingin

Setelah adonan tercampur rata dengan tepung terigu, biarkan dingin selama kurang lebih 30 menit. Hal ini dilakukan agar adonan tidak mudah hancur saat digoreng.

5. Bentuk Adonan Menjadi Nugget

Setelah adonan dingin, bentuklah menjadi bentuk nugget sesuai selera. Gulingkan adonan pada tepung roti agar nugget lebih renyah.

6. Goreng Nugget

Panaskan minyak sayur dalam wajan. Setelah minyak panas, gorenglah nugget dengan wajan yang berisi minyak yang cukup banyak. Goreng hingga berwarna kecoklatan.

TRENDING 🔥  Tutorial Cara Membuat Games Sederhana dengan Bahasa Pemrograman PHP

7. Sajikan

Nugget sayur sederhana Anda sudah siap disajikan. Anda bisa menambahkan saus sambal atau mayonaise untuk rasa yang lebih nikmat.

FAQ

1. Bisa diganti sayur lainnya seperti apa?

Tentu saja, Anda bisa mengganti sayur wortel, kentang, dan kol dengan sayur-sayuran lainnya seperti brokoli, jagung, atau buncis. Pastikan sayuran yang digunakan mudah diolah dan cocok untuk dijadikan nugget.

2. Bisakah menggunakan tepung roti yang sudah siap pakai?

Tentu saja bisa. Namun, penggunaan tepung roti yang sudah siap pakai dapat menghasilkan tekstur yang berbeda dengan tepung roti biasa.

3. Apakah nugget sayur bisa dinikmati oleh anak-anak?

Tentu saja bisa. Nugget sayur mengandung banyak nutrisi dan cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Anda bisa menambahkan saus sambal atau mayonaise agar rasa nugget lebih disukai oleh anak-anak.

4. Apakah nugget sayur bisa disimpan dalam freezer?

Tentu saja bisa. Nugget sayur bisa disimpan dalam freezer selama kurang lebih 1 bulan.

5. Apakah penggunaan tepung terigu wajib dalam membuat nugget sayur?

Tidak wajib, namun penggunaan tepung terigu dapat membantu agar adonan nugget lebih padat dan tidak mudah hancur.

Kesimpulan

Nugget sayur sederhana merupakan salah satu alternatif makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena mengandung banyak nutrisi dan rendah kalori. Cara membuatnya pun cukup mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Nugget Sayur Sederhana