Cara Buat Mixer Pakan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat mixer pakan sederhana? Jika iya, kamu berada di artikel yang tepat! Mixer pakan adalah peralatan yang digunakan untuk mencampurkan beberapa jenis bahan pakan ternak. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk membuat mixer pakan sederhana dengan biaya yang terjangkau.

1. Tentukan Kapasitas dan Jenis Mixer

Sebelum memulai pembuatan mixer, pertimbangkan dulu kapasitas dan jenis mixer yang ingin kamu buat. Pilihlah kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan ternakmu, jangan terlalu besar atau kecil. Setelah itu, pilihlah jenis mixer yang paling cocok untuk kamu buat, antara lain mixer konvensional, mixer horizontal atau vertical.

Kapasitas Mixer

Ada beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan kapasitas mixer:

Ukuran Ternak
Kapasitas Mixer (liter)
Kambing, Domba atau Ayam
50
Sapi
200
Babi
100

Jenis Mixer

Setelah menentukan kapasitas mixer, selanjutnya kamu perlu memilih jenis mixer yang sesuai dengan kebutuhan ternakmu. Berikut beberapa jenis mixer:

Mixer Konvensional

Mixer konvensional adalah jenis mixer yang paling umum digunakan. Mixer ini memiliki dua poros utama yang diputar oleh motor. Bahan pakan diaduk di dalam mesin dengan bantuan paddles atau pisau. Mixer jenis ini dapat menampung hingga 2.000 liter bahan pakan.

Mixer Horizontal

Mixer horizontal adalah jenis mixer yang cocok untuk pakan ternak yang lebih padat seperti bahan pelet. Mesin ini memiliki poros horizontal yang berputar dan dapat menampung hingga 3.000 liter bahan pakan.

Mixer Vertical

Mixer vertical adalah jenis mixer yang cocok untuk bahan pakan yang lebih encer seperti air dan tepung. Mesin ini memiliki poros vertikal yang berputar dan dapat menampung hingga 1.000 liter bahan pakan.

TRENDING 🔥  Cara Merakit CCTV Sederhana

2. Persiapkan Material dan Alat

Setelah menentukan kapasitas dan jenis mixer, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan material dan alat yang diperlukan. Berikut beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan

  • Besi hollow 40 x 40 mm (20 batang)
  • Besi kotak 50 x 50 mm (8 batang)
  • Besi siku 30 x 30 mm (4 batang)
  • Pelat besi 3 mm (2 pcs)
  • Bearing
  • Bolt dan mur
  • Pintu mixer

Alat

  • Mesin Las
  • Pisau Cutting
  • Bor Tanah
  • Gerinda
  • Obeng
  • Tang

3. Buat Rangka Mixer

Setelah semua material dan alat sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat rangka mixer. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Potong Besi Hollow

Potonglah besi hollow menjadi beberapa bagian yang sesuai dengan ukuran mixer yang ingin kamu buat. Pastikan ukuran sesuai dengan gambar dan perhitungan yang sudah kamu buat.

Langkah 2: Las Besi Hollow

Laspun besi hollow sesuai dengan gambar yang sudah kamu buat. Jika kamu merasa kesulitan, bisa meminta bantuan tukang las terdekat.

Langkah 3: Buat Poros Pemutar

Buatlah poros pemutar menggunakan besi kotak dan bearing. Pastikan poros dapat berputar dengan baik.

Langkah 4: Pasang Pisau Pencampur

Pasanglah pisau pencampur dengan baut dan mur. Pastikan pisau terpasang dengan kuat dan tidak goyang.

Langkah 5: Pasang Motor dan Pintu Mixer

Pasanglah motor pada rangka mixer dan tambahkan pintu mixer. Pastikan motor dapat menggerakan pisau pencampur dengan baik.

4. Cat Rangka Mixer

Setelah rangka mixer selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mengecat rangka mixer. Pilihlah cat yang tahan lama dan tahan karat. Hal ini akan membuat mixer terlihat lebih baik dan tahan lama.

5. Uji Coba Mixer

Setelah rangka mixer selesai dicat, langkah selanjutnya adalah menguji coba mixer. Pasanglah bahan pakan dan aduk dengan menggunakan mixer. Pastikan mixer berfungsi dengan baik dan bahan pakan tercampur dengan merata.

TRENDING 🔥  Cara Download Sederhana untuk Sobat Sederhana

FAQ

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat mixer pakan sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat mixer pakan sederhana tergantung pada kapasitas dan jenis mixer yang ingin dibuat. Biaya untuk membuat mixer pakan sederhana dapat berkisar antara Rp. 1.500.000 hingga Rp. 3.000.000.

2. Apakah mixer pakan sederhana efektif untuk mencampurkan bahan pakan?

Ya, mixer pakan sederhana sangat efektif untuk mencampurkan bahan pakan. Dengan menggunakan mixer pakan, bahan pakan ternak dapat dicampur dengan merata dan mudah dalam waktu yang singkat.

3. Apakah mixer pakan sederhana mudah dirawat?

Ya, mixer pakan sederhana sangat mudah dirawat. Cukup bersihkan mixer setelah digunakan dan periksa kondisi mesin secara berkala.

4. Apakah mixer pakan sederhana dapat digunakan untuk berbagai jenis ternak?

Ya, mixer pakan sederhana dapat digunakan untuk berbagai jenis ternak seperti sapi, ayam, kambing, dan babi.

5. Berapa lama umur pemakaian mixer pakan sederhana?

Umur pemakaian mixer pakan sederhana tergantung pada kondisi penggunaan dan perawatan mixer. Dengan perawatan yang baik, mixer pakan sederhana dapat digunakan hingga bertahun-tahun.

6. Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat mixer pakan sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat mixer pakan dengan biaya yang terjangkau dan sangat efektif untuk mencampurkan bahan pakan ternakmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Mixer Pakan Sederhana