Cara Buat Mango Thai Sederhana

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan buah mangga? Buah yang satu ini memang selalu menjadi favorit banyak orang. Namun, siapa sangka bahwa mangga tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk buah segar saja. Saat ini, sudah banyak variasi olahan makanan yang menggunakan buah mangga sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah Mango Thai. Yuk, simak cara membuat Mango Thai yang sederhana namun tetap enak dan lezat!

1. Siapkan Bahan-bahan Berikut

Sebelum memulai proses membuat Mango Thai, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Buah Mango
1 buah (ukuran sedang)
Santan
200 ml
Gula Pasir
2 sendok makan
Garam
1/4 sendok makan
Serai
1 batang
Daun Jeruk
2 lembar
Air
100 ml

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan Mango Thai.

2. Potong Buah Mangga

Pertama, potong buah mangga menjadi dadu-dadu kecil. Pastikan potongan mangga tidak terlalu besar agar mudah saat diaduk dengan bahan lainnya.

3. Tumis Serai dan Daun Jeruk

Selanjutnya, tumis serai dan daun jeruk dengan sedikit minyak hingga harum. Hal ini bertujuan untuk memberikan aroma yang khas pada Mango Thai.

4. Masukkan Santan dan Gula

Setelah itu, masukkan santan dan gula ke dalam wajan. Aduk hingga santan dan gula tercampur rata. Pastikan api jangan terlalu besar agar santan tidak langsung kental.

5. Masukkan Potongan Mangga

Setelah santan dan gula tercampur rata, masukkan potongan mangga ke dalam wajan. Aduk hingga mangga tercampur rata dengan bahan santan dan gula. Jangan lupa untuk selalu mengaduk agar santan tidak pecah.

6. Tambahkan Air

Setelah adonan tercampur merata, tambahkan air secukupnya agar tekstur Mango Thai tidak terlalu kental.

TRENDING 🔥  Cara Buat Flying Fox Sederhana

7. Masak hingga Matang

Setelah semua bahan tercampur merata, masak dengan api sedang hingga Mango Thai matang dan mengental. Jangan lupa untuk selalu mengaduk agar tidak lengket dan gosong.

8. Masukkan Garam

Setelah matang, masukkan garam secukupnya. Aduk hingga garam tercampur merata dengan Mango Thai.

9. Sajikan Mango Thai

Setelah selesai dimasak, Mango Thai siap untuk disajikan. Taruh dalam mangkuk dan sajikan selagi masih hangat. Mango Thai dapat disajikan sebagai makanan penutup atau sebagai cemilan di sore hari.

FAQ

Q: Apa itu Mango Thai?

A: Mango Thai adalah olahan makanan yang terbuat dari buah mangga yang dicampur dengan santan, gula, dan bumbu lainnya. Mango Thai berasal dari Thailand dan menjadi salah satu hidangan tradisional yang sangat populer di sana.

Q: Apakah Mango Thai sulit untuk dibuat?

A: Tidak, Mango Thai sangat mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Dalam waktu kurang dari 30 menit, Sobat Sederhana sudah bisa menyajikan Mango Thai yang lezat dan enak untuk keluarga.

Q: Bisakah menggunakan buah mangga yang sudah matang?

A: Ya, Sobat Sederhana bisa menggunakan buah mangga yang sudah matang atau tidak terlalu keras. Namun, pastikan tidak terlalu empuk agar tidak mudah hancur saat diolah.

Q: Apa yang bisa ditambahkan ke dalam Mango Thai?

A: Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan lain seperti kelapa parut, kacang mede, atau biji selasih untuk memberikan tekstur yang lebih nikmat pada Mango Thai.

Q: Berapa lama Mango Thai bisa disimpan?

A: Mango Thai bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan untuk memasukkannya dalam wadah kedap udara agar tidak cepat basi atau terkontaminasi dengan bau lain.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Taplak Bentuk Bunga Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Mango Thai Sederhana